Rancang Bangun Media Pembelajaran Kimia (Stoikiometri) Dengan Metode Computer Based Learning Menggunakan Adobe Animate Di Mas Syamsul Ma'rifah

Nur Azni Nazira, 190212060 (2023) Rancang Bangun Media Pembelajaran Kimia (Stoikiometri) Dengan Metode Computer Based Learning Menggunakan Adobe Animate Di Mas Syamsul Ma'rifah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Rancang Bangun Media Pembelajaran Kimia (Stoikiometri) Dengan Metode Computer Based Learning Menggunakan Adobe Animate Di Mas Syamsul Ma'rifah] Text (Rancang Bangun Media Pembelajaran Kimia (Stoikiometri) Dengan Metode Computer Based Learning Menggunakan Adobe Animate Di Mas Syamsul Ma'rifah)
Nur Azni Nazira, 190212060, FTK, PTI, 082110700511.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Teknologi adalah tiga pilar yang menjadikan dampak bagi kehidupan manusia,seperti dibidang pendidikan dikarenakan bidang ini banyak sekali mata pelajaran yang sulit dipahami siswa seperti kimia. Kimia semakin berkembang dan menemukan berbagai macam eksperimen serta terdapat berbagai macam penemuan materi seperti materi stoikiomteri. Stoikiometri susah dikarenakan konsep abstrak, untuk mempermudah dan dapat membedakan kedua hukum tersebut, stoikiometri dapat dibuat ke dalam media pembelajaran agar pembelajaran lebih interaktif dan gampang dimengerti, dikarenakan anak-anak sekarang sangat mudah menerima pembelajaran melalui teknologi yaitu media pembelajaran. Media pembelajaran ini akan dibuat menggunakan Adobe Animate, cara membuat media pembelajaran menggunakan adobe animate ini dengan metode R&D. Media pembelajaran yang dibuat bisa diimplementasikan menggunakan metode pembelajaran Computer Based Learning (CBL). Berdasarkan hasil uji coba, persentase kelayakan media pembelajaran yang diberikan oleh ahli media sebesar 81%, ahli materi 93%, dan siswa 97% menunjukkan bahwa media pembelajaran Stoikiometri ini mendapatkan kategori "sangat bagus sekali". Pengaruh dari rancang bangun media pembelajaran Kimia (Stoikiometri) dengan metode Computer Based Learning menggunakan Adobe Animate di Mas Syamsul Ma'rifah dapat cenderung lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Interaksi yang lebih aktif dan pengalaman belajar yang menarik dapat membantu meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam mempelajari materi stoikiometri. Melalui media pembelajaran komputer, siswa dapat belajar secara mandiri dan fleksibel.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kimia, Stoikiometri, CBL, Adobe Animate
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Nur Azni Nazira
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:58
Last Modified: 20 Oct 2023 07:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33597

Actions (login required)

View Item
View Item