Analisis Semiotika Propaganda Poligami Di Media Sosial Youtube (Studi Analisis Pada Channel YouTube Narasi Newsroom Episode Menguak Sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar

muhammad ilham, 180401030 (2023) Analisis Semiotika Propaganda Poligami Di Media Sosial Youtube (Studi Analisis Pada Channel YouTube Narasi Newsroom Episode Menguak Sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang semiotika poligami] Text (membahas tentang semiotika poligami)
SKRIPSI MUHAMMAD ILHAMI FIIXX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (33MB)

Abstract

Poligami adalah salah satu isu sosial klasik yang masih menjadi perdebatan. Sudah banyak ulama klasik maupun kontemporer yang mengarahkan tenaganya untuk membahas poligami. Poligami merupakan hal yang masih tabu untuk dibicarakan di Negara Republik Indonesia dimana penduduknya mayoritas beragama Islam. Video yang di upload oleh Channel YouTube Narasi Newsroom dengan judul “Menguak Sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar” pada tahun 2021 membuat masyarakat heboh. Dalam video tersebut, tim dari Narasi menghampiri mentor poligami yang cukup ternama yaitu, Coach Hafidin. Beliau mengklaim dirinya sebagai seorang suami yang telah sukses mempraktekkan poligami. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa metode analisis semiotika milik Charles Sanders Peirce melalui sistem triadic, Data yang diteliti yakni potongan-potongan teks, gambar, suara dan bunyi-bunyian. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori Propaganda Nimmo. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa terdapat Tujuh teknik propaganda yang ditampilkan oleh narasumber. Sementara melalui sistem triadic peneliti menemukan beberapa penggambaran perempuan diantaranya Kewajiban Perempuan Taat Mutlak, perempuan sebagai alat reproduksi, perempuan harus pasrah dengan keadaan, peran perempuan menerima keputusan suami, dan peran ekonomi.
Kata kunci: Teknik propaganda, Poligami, Semiotika, Charles Sanders Peirce

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Ilhami
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:50
Last Modified: 20 Oct 2023 07:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33602

Actions (login required)

View Item
View Item