Strategi Pembinaan Tahfidz Qur’an Di TPA Sa’ad Bin Abi Waqqosh Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan

Maisarah, 170201105 (2023) Strategi Pembinaan Tahfidz Qur’an Di TPA Sa’ad Bin Abi Waqqosh Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pembinaan Tahfidz Qur’an  Di TPA Sa’ad Bin Abi Waqqosh Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur  Kabupaten Aceh Selatan] Text (Strategi Pembinaan Tahfidz Qur’an Di TPA Sa’ad Bin Abi Waqqosh Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan)
SKRIPSI MAISARAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembinaan tahfidz melalui berbagai lembaga pendidikan baik lembaga formal, informal dan non formal dengan berbagai macam cara harus terus dilakukan dan dikembangkan. Tahfidz Al-Qur’an harus dibina sejak dini untuk menciptakan generasi cinta Al-Qur’an. TPA Sa’ad Bin Abi Waqqosh merupakan lembaga pendidikan keagamaan yang mampu membentuk santri untuk tertarik dalam menghafal Al-Qur’an sebagai bekal di akhirat. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi pembinaan tahfidz Al-Qur’an di TPA Sa’ad Bin Abi Waqqosh Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan? dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an di TPA Sa’ad Bin Abi Waqqosh Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembinaan tahfidz Al-Qur’an dan faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an di TPA Sa’ad Bin Abi Waqqosh Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengunakan metode deskriptif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, dan data skunder yang diperoleh dari buku, jurnal dan karya ilmiyah lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) strategi yang dilakukan di TPA Sa’ad Bin Abi Waqqosh dalam pembinaan diantaranya yaitu belajar tahsin, mengajarkan tata cara menghafal Al-Qur’an yang efektif dan menyesuaikan metode menghafal dengan kemampuan anak dalam menghafal Al-Qur’an. Faktor pendukung yaitu bimbingan langsung dari ustad/ustazah, motivasi dari ustad/ustazah dan dorongan dari orangtua. Sedangkan Faktor penghambat yaitu masih ada santri yang malas menghafal, cepat lupa dan lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk hal yang sia-sia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maisarah Maisarah
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:39
Last Modified: 24 Oct 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33614

Actions (login required)

View Item
View Item