Perbandingan Hasil Belajar Penerapan Antara Model Pembelajaran Contextual and Teaching Learning Dengan Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Merakit Rangkaian Elektronika di SMK Muhammadiyah Banda Aceh

Ilham Sukandi, 150211032 (2022) Perbandingan Hasil Belajar Penerapan Antara Model Pembelajaran Contextual and Teaching Learning Dengan Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Merakit Rangkaian Elektronika di SMK Muhammadiyah Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran, Contextual Teaching Learning, Mind Mapping.] Text (Model Pembelajaran, Contextual Teaching Learning, Mind Mapping.)
Ilham Sukandi, 150211032, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dari pengamatan yang penulis amati di SMK Muhammadiyah Banda Aceh pada mata pelajaran Merakit Rangkaian Elektronika (MRE) masih banyak peserta didik yang masih sulit untuk memahami materi secara utuh dan menghubungkan setiap materi pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Mind Mapping pada mata pelajaran Merakit Rangkaian Elektronika di kelas X SMK Muhammadiyah Banda Aceh. Secara teoritis CTL ialah konsep belajar peserta didik dalam permasalahan nyata sedangkan MP ialah metode belajar yang dirancang untuk memetakan informasi. Jenis penelitian menggunakan quasi eskperimen, menentukan kelompok yang akan diuji. Populasi semua pelajar SMK Muhammadiyah Banda Aceh berjumlah 60. Dipilih sampel kelas XA (9 orang) dan kelas XB (8 orang). Pengumpulan data mengguankan Pre-test, perlakuan dan Post-test. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas XA, hasil belajar peserta didik kelas XA setelah diterapkan model pembelajaran CTL dari peserta didik 9 mencapai 100% dibandingkan nilai hasil belajar pada Pre-test (89%) nilai rata-rata 82 sebelum penerapan nilai rata-rata 80. Hasil belajar kelas XB setelah diterapkan model pembelajaran MP peserta didik yang tuntas 7 orang (88%) sebelum penerapan siswa yang tuntas hanya 6 (75%) nilai rata-rata 78 sebelum penerapan nilai rata-rata 76. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran CTL lebih baik jika dibandingkan dengan hasil belajar dari penerapan model pembelajaran MP pada kelas X SMK Muhammadiyah Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Ilham Sukandi Ilham
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:46
Last Modified: 24 Oct 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33627

Actions (login required)

View Item
View Item