Dukungan Keluarga Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Islami Pada Pasien Kronis Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh

Syifa Shafira, 190402008 (2023) Dukungan Keluarga Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Islami Pada Pasien Kronis Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Dukungan Keluarga Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Islami Pada Pasien Kronis   Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh] Text (Dukungan Keluarga Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Islami Pada Pasien Kronis Di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh)
SYIFA SHAFIRA (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Dalam dinamika kehidupan sehari-hari, manusia akan menemukan masalah yang beranekaragam, salah satunya ditimpa penyakit dengan tingkat yang kronis. Dengan adanya penyakit tersebut seseorang bisa merasakan cemas dan takut yang berlebihan yang bisa mengganggu kesehatan mentalnya, karena salah satu faktor resiko terjadinya gangguan mental adalah adanya penyakit fisik yang bersifat kronis. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana dukungan keluarga dalam meningkatkan kesehatan mental islami pada pasien kronis di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari dua sumber, yaitu pertama sumber data primer yang diambil langsung melalui wawancara dengan subjek penelitian yaitu dengan lima orang pasien kronis, kedua sumber data sekunder yang didapatkan dari wawancara dengan lima anggota keluarga. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan dukungan yang diberikan oleh keluarga dapat memperkuat ketahanan mental pasien yang sedang dirawat di rumah sakit dengan menemani dan menjaga pasien sepanjang waktu, membacakan ayat suci al- Qur’an, berzikir dan bershalawat, memberikan kata-kata motivasi dan semangat serta mengingatkan pasien bahwa sudah masuk waktu shalat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Syifa Shafira Syifa
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:58
Last Modified: 24 Oct 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33628

Actions (login required)

View Item
View Item