Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Psikologi Yang Bekerja

Dian Wahyuni, 180901008 (2023) Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Psikologi Yang Bekerja. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efikasi Diri, Self Regulated Learning, Mahasiswa yang Bekerja] Text (Efikasi Diri, Self Regulated Learning, Mahasiswa yang Bekerja)
Dian Wahyuni, 180901008, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Mahasiswa yang ingin sukses dalam pendidikan dan berhasil menerapkan ilmu yang diperolehnya maka harus menggunakan seluruh potensi yang dimilikinya serta mengatur strategi belajar yang baik atau disebut juga dengan self regulated learning. Ketika individu memiliki dan memelihara efikasi diri dalam pelajaran maka ia mampu menetapkan tujuan dalam meregulasi diri. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui hubungan efikasi diri dengan self egulated learning pada mahasiswa psikologi yang bekerja. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur dalam penelitian ini yaitu skala efikasi diri dan self regulated learning. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 108. Hasil penelitian menunjukkan koefisien diperoleh nilai korelasi r = 0,909 dengan p = 0,000 dan r squared = 0,827 (82.7%) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan self regulated learning pada mahasiswa psikologi yang bekerja. Semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi self regulated learning yang dimiliki oleh mahasiswa psikologi yang bekerja, sebaliknya semakin rendah efikasi diri maka semakin rendah pula self regulated learning yang dimiliki mahasiswa psikologi yang bekerja. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini di terima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Dian Wahyuni Dian
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:42
Last Modified: 25 Oct 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33653

Actions (login required)

View Item
View Item