Pemanfaatan Ekstrak Daun Kitolod (Isotoma Longiflora) Untuk Pembuatan Disinfektan Sebagai Penunjang Mata Kuliah Bioenterpreuneur

Syarifah Syifa Fahira, 180207063 (2023) Pemanfaatan Ekstrak Daun Kitolod (Isotoma Longiflora) Untuk Pembuatan Disinfektan Sebagai Penunjang Mata Kuliah Bioenterpreuneur. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan ekstrak daun kitolod (Isotoma Longiflora) untuk pembuatan disinfektan sebagai penunjang matakuliah “bioenterpreneur", diharapkan dapat menjadi bermanfaat bagi penelitian selanjutnya, juga dapat menjadi penunjang materi perencanaan bisnis pada] Text (Pemanfaatan ekstrak daun kitolod (Isotoma Longiflora) untuk pembuatan disinfektan sebagai penunjang matakuliah “bioenterpreneur", diharapkan dapat menjadi bermanfaat bagi penelitian selanjutnya, juga dapat menjadi penunjang materi perencanaan bisnis pada)
insyaallah ACC sip sidang okee 3 newwww.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pemanfaatan ekstrak daun kitolod (Isotoma Longiflora) untuk pembuatan disinfektan sebagai penunjang matakuliah “bioenterpreneur", diharapkan dapat menjadi bermanfaat bagi penelitian selanjutnya, juga dapat menjadi penunjang materi perencanaan bisnis pada mata kuliah bioenterpreneur, dan juga dapat memeberikan pengetahuan peluang usaha kepada mahasiswa/i pendidikan biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjadikan daun kitolod Isotoma longiflora sebagai salah satu bahan baku lain yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan disinfektan dengan menggunakan bahan alami. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental, dengan 5 perlakuan, yang terdiri dari konsenterasi 10%,15%, dan 20% dengan aquadest kontrol negatif(-) dan clhorompenicol sebagai kontrol positif (+), dengan masing-masing 3 kali pengulangan, dengan bakteri yang digunakan staphylococcus aeureus. Data zona hambat bakteri akan dianalisis menggunakan uji Anova. Hasil penelitian yang telah dilakukan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan rata-rata zona hambat pada masing-masing perlakuan. Ekstrak kitolod Isotoma longiflora dengan konsenterasi 20% lebih efektif digunakan sebagai disinfektan alami. Hasil uji kelayakan berdasarkan presentase yang diberikan oleh ahli media dan materi memperoleh nilai rata-trata sebesar 86,21% termasuk kategori sangat layak dijadikan sebagai media buku ajar. Hasil respon mahasiswa/i pendidikan biologi UIN Ar-raniry yang mengambil mata kuliah bioenterpreuneur terhadap media buku ajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 82% dengan kategori sangat setuju untuk dapat digunakan sebagai media buku ajar pada mata kuliah bioenterpreuneur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Syarifah Syifa Fahira Syifa
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:12
Last Modified: 25 Oct 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33662

Actions (login required)

View Item
View Item