Analisis Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di SD Matang Keupula Kecamatan Madat III Kabupaten Aceh Timur

Muhammad Tasir Al Asri, 160503048 (2023) Analisis Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di SD Matang Keupula Kecamatan Madat III Kabupaten Aceh Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di SD Matang Keupula  Kecamatan Madat III Kabupaten Aceh Timur] Text (Analisis Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di SD Matang Keupula Kecamatan Madat III Kabupaten Aceh Timur)
Muhammad Tasir Al Asri, 160503048, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Persepsi atau pandangan guru terhadap dukungan keluarga anak yang belajar di SD Matang Keupula Kecamatan Madat III. Pandangan tersebut tidak terlepas dari adanya perbedaan dukungan keluarga terhadap anak yang belajar di SD Matang Keupula Kecamatan Madat III. Dimana sebagian keluarga memberikan perhatian dan dukungan penuh terhadap upaya peningkatan keterampilan membaca anaknya, namun sebaliknya sebagian lagi keluarga tidak memberikan dukungan yang baik terhadap peningkatan keterampilan membaca anak-anaknya di SD Matang Keupula Kecamatan Madat III. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi guru terhadap bentuk dukungan keluarga dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di SD Matang Keupula Kecamatan Madat III Kabupaten Aceh Timur dan peningkatan keterampilan membaca siswa dengan dukungan keluarga di SD Matang Keupula Kecamatan Madat III Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Informan penelitian terdiri dari guru, orangtua dan siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancaran dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi guru terhadap bentuk dukungan orang tua dalam meningkatkan keterampilan membaca anak belum seluruhnya baik, hal ini terlihat dimana masih ada orangtua yang sema sekali belum memberikan dukungan penuh saat anak membaca. Anak yang mendapat dukungan dari orang tuanya cenderung lebih meningkatkan keterampilan membaca dibandingkan dengan siswa kurang atau tidak dapat sama sekali dukungan dari orangtuanya di SD Matang Keupula Kecamatan Madat III Kabupaten Aceh Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Guru, Dukungan Keluarga, Keterampilan Membaca
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Muhammad Tasir Al Asri
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:02
Last Modified: 26 Oct 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33664

Actions (login required)

View Item
View Item