Implementasi Kewajiban Anak Menafkahi Orang Tua Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Di UPTD Pelayanan Sosial Lansia Binjai Provinsi Sumatera Utara)

Nur Hikmah Khairani, 190101029 (2023) Implementasi Kewajiban Anak Menafkahi Orang Tua Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Di UPTD Pelayanan Sosial Lansia Binjai Provinsi Sumatera Utara). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Implementasi Kewajiban Anak Menafkahi Orang Tua Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Di UPTD Pelayanan Sosial Lansia Binjai Provinsi Sumatera Utara)] Text (Implementasi Kewajiban Anak Menafkahi Orang Tua Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Di UPTD Pelayanan Sosial Lansia Binjai Provinsi Sumatera Utara))
Nur Hikmah Khairani, 190101029, FSH, HK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Orang tua adalah perantara bagi kita di dunia yang pertama kali mengasuh, mengajar dan mendidik kita. Dalam hal ini kewajiban anak terhadap orang tua mutlak dilakukan oleh anak serta dalam hal memberi nafkah kepada orang tua sesuai dengan kemampuannya. Sementara realita yang terjadi di masyarakat masih ada anak yang tidak atau kurang memperdulikan kewajibannya terhadap orang tuanya sehingga orang tua berada di penitipan sosial atau yang sering disebut panti jompo. Melihat kenyataan ini timbullah pertanyaan mengenai bagaimana menurut hukum Islam mengenai kewajiban anak menafkahi orang tua dan bagaimana implementasi kewajiban anak menafkahi orang tua (studi kasus di UPTD Pelayanan Sosial Lansia Binjai Sumatara Utara). Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu untuk menganalisis informasi tentang keadaan nyata yang masih terjadi sekarang. Pendekatan dalam penelitian ini kualitatif, yaitu untuk mengetahui status hukum Islam dalam implementasi kewajiban anak menafkahi orang tua. Dalam Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data interview (wawancara) dan dokumentasi serta mengambil berbagai literatur yang mendukung untuk dijadikan referensi dalam penyusunan skripsi ini. Hasil penelitian terkait kewajiban anak menafkahi orang tua dalam hukum Islam wajib dilakukan oleh anak sesuai kesanggupannya dan dengan syarat orang tua dalam keadaan miskin dan tidak mampu untuk menafkahkan dirinya sendiri. Hasil penelitian terkait implementasi kewajiban anak menafkahi orang tua yang berada di panti tersebut ada tiga keadaan: Pertama, jarang sekali diberikan nafkah atau tidak menentu. Kedua, ada yang diberikan nafkah hanya di awal penitipan. Ketiga, ada yang tidak sama sekali diberikan nafkahnya. Dalam hukum Islam praktik pelepasan kewajiban anak menafkahi orang tua yang terjadi tersebut tidak sesuai dengan ketentuan Hukum Islam. Sedangkan peraturan di indonesia dan hukum Islam tentunya meminimalisir terjadinya pelepasan kewajiban anak terhadap orang tua dan perlu adanya sanksi tegas untuk mengatur agar tidak semakin banyak kasus yang terjadi tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Nur Hikmah Khairani
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:04
Last Modified: 26 Oct 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33667

Actions (login required)

View Item
View Item