Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Akad Perjanjian Dalam Produk Asuransi Anugerah Ikhtiar Di PT Sun Life Financial Syari’ah Aceh

Putri Fitriani, 190102020 (2023) Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Akad Perjanjian Dalam Produk Asuransi Anugerah Ikhtiar Di PT Sun Life Financial Syari’ah Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Akad Perjanjian Dalam Produk Asuransi Anugerah Ikhtiar Di PT Sun Life Financial Syari’ah Aceh] Text (Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Akad Perjanjian Dalam Produk Asuransi Anugerah Ikhtiar Di PT Sun Life Financial Syari’ah Aceh)
SKRIPSI_PUTRI FITRIANI_190102020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu produk asuransi syariah yang banyak diminati saat ini yaitu produk yang dapat melindungi satu keluarga di dalamnya, produk tersebut adalah Asuransi Salam Anugerah Ikhtiar yang ada di PT Sun Life Financial Syariah Aceh, dengan berbagai manfaat bagi peserta asuransi yang terdaftar didalamnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik perjanjian antara pemegang polis dengan perusahaan terhadap produk asuransi salam anugerah ikhtiar dan bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap akad perjanjian pada produk asuransi salam anugerah ikhtiar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dan library research (penelitian keperpustakaan), serta teknik pengumpulan data dengan cara : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, praktik perjanjian antara pemegang polis dengan perusahaan terhadap produk Asuransi Salam Anugerah Iktiar memiliki mekanisme yang telah disesuaikan dengan ketentuan yang diatur oleh perusahaan, dimulai dari menghubungi tenaga pemasar, konsultasi terkait produk yang ingin dibeli, menyiapkan beberapa dokumen, mengisi form pendaftaran, penandatanganan perjanjian, pembayaran premi.Kedua, tinjauan fiqh muamalah terhadap akad perjanjian pada produk Asuransi Salam Anugerah Iktiar dinyatakan sejalan dengan ketentuan akad dalam fiqh muamalah. Kesesuaian tersebut dapat dilihat pada penggunaan akad pada setiap praktik pengelolaan dana dan pada praktik perjanjian yang dilakukan tanpa adanya unsur keterpaksaan serta bebas dari maysir, gharar, dan riba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.227 Asuransi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Fitriani Putri
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:13
Last Modified: 27 Oct 2023 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33672

Actions (login required)

View Item
View Item