Ayat-Ayat Zikir Di Kalangan Jama’ah Ratib Al Hadad Di Masjid Ar-Rahman Gampong Merduati Banda Aceh

Muhammmad Syafiq Ismail, 190303018 (2023) Ayat-Ayat Zikir Di Kalangan Jama’ah Ratib Al Hadad Di Masjid Ar-Rahman Gampong Merduati Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Ayat-Ayat Zikir Di Kalangan Jama’ah  Ratib Al Hadad Di Masjid Ar-Rahman Gampong Merduati Banda Aceh] Text (Ayat-Ayat Zikir Di Kalangan Jama’ah Ratib Al Hadad Di Masjid Ar-Rahman Gampong Merduati Banda Aceh)
SKRIPSI SYAFIQ ISMAIL 2 (Repaired) (AutoRecovered).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Zikir merupakan hal yang tidak terlepas dari dalam diri manusia, karena manusia diciptakan untuk senantiasa beribadah kepada Allah Swt. Zikir banyak ditemukan ditengah-tengah masyarakat. Di antaranya di masjid Ar-Rahman Gampong Merduati jamaah Ratib sering merutinkan Ratib Al Hadad sebagai bacaan zikir ditengah kesibukan aktivitas jamaah yang bekerja sebagai pedagang. Dalam mempraktekan zikir Al Hadad ada beberapa jamaah kurang memperhatikan tajwid dan fashahahnya. Waktu yang afdhal untuk membaca Ratib Al Hadad setelah shalat isya dan subuh namun dalam prakteknya jamaah Ratib melakukannya setelah sholat maghrib. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui pemahaman dan pengaruh dari pembacaan Ratib Al Hadad yang dilakukan jamaah Masjid Ar-Rahman di dalam aktifitas kesehariannya. Dengan cara observasi, wawancara, partisipan, dan dokumentasi kemudian dianalisis dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian tersebut penulis menyimpulkan bahwa jamaah Ratib Al Hadad memahami zikir merupakan salah satu perintah Allah Swt. untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan zikir ini merupakan ibadah yang paling mudah karena bisa dilakukan di setiap saat. Dan Ratib Al Hadad ini memberikan pengaruh yang positif bagi kehidupan jamaah karena memberikan ketenangan dalam hati dan pikiran yang senantiasa untuk mengingat Allah Swt. Selain itu juga memberikan pengaruh bagi hubungan sesama jamaah dengan adanya Ratib Al Hadad ini hubungan silaturahmi bisa terjaga. Namun penulis menemukan beberapa jamaah Ratib yang masih kurang memahami tajwid dalam praktek pembacaan Ratib Al Hadad ini. Perlu adanya pembelajaran mengenai tajwid terlebih dahulu untuk para jamaah Ratib Al Hadad karena ada sebagian jamaah yang kurang mengetahui permasalahan mengenai hal tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Muhammmad Syafiq Ismail Syafiq
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:32
Last Modified: 27 Oct 2023 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33675

Actions (login required)

View Item
View Item