Strategi Dinas Tenaga Kerja Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dan Kinerja Pegawai

Saed, Arief Maulana, 170802139 (2023) Strategi Dinas Tenaga Kerja Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dan Kinerja Pegawai. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Saed Arief Maulana, 170802139, FISIP, IAN.pdf] Text
Saed Arief Maulana, 170802139, FISIP, IAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam menganalisis penilaian seorang pegawai untuk bisa dikatakan bagus ataupun tidaknya suatu pekerjaan yang berkaitan erat dengan administrasi publik, faktor kualitas pelayanan publik dan kinerja pegawai merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dan diutamakan di suatu instansi pemerintahan. Seiring dengan berjalannya penyelenggaraan, pemerintah memiliki kewajiban melayani masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar yang berhubungan dengan hal pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat strategi seperti apa yang dijalankan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Banda Aceh dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kinerja pegawai agar permasalahan, tantangan dan hambatan yang terjadi di Dinas Tenaga Kerja Kota Banda Aceh saat ini bisa diperbaiki dengan baik. Metode penelitian yang digunakan di penelitian ini yakni metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu Dinas Tenaga Kerja Kota Banda Aceh sudah merancang beberapa strategi dan mengimplementasikan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan kinerja meskipun dengan anggaran yang terbatas. Contohnya seperti membuat aplikasi pelayanan daring seperti Sistem Informasi Ketenagakerjaan (SINAKER) dan menerapkan sistem absensi daring di Dinas Tenaga Kerja. Tantangan yang sedang dihadapi oleh pihak Dinas Tenaga Kerja dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kinerja pegawai yakni sulitnya meningkatkan kualitas pelayanan karena keterbatasan anggaran, kemampuan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas membuat pemberian pelayanan publik dan kinerja pegawai tidak berjalan maksimal sebagaimana semestinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 301 Sosiologi dan antropologi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Saed Arief Maulana
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:30
Last Modified: 27 Oct 2023 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33676

Actions (login required)

View Item
View Item