Pemahaman Mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tentang Ayat Kewajiban Perempuan Dalam Menjaga Aurat

Wafiq Miftahul Maghfirah, 180303017 (2022) Pemahaman Mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tentang Ayat Kewajiban Perempuan Dalam Menjaga Aurat. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Menjaga Aurat] Text (Menjaga Aurat)
Wafiq Miftahul Maghfirah, 180303017, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berbusana sesuai syari’at adalah salah satu cara menjaga kehormatan seorang muslimah. Islam telah mengatur bagaimana etika berpakaian para muslimah dalam Alquran yang tertuang dengan jelas dalam memerintahkan perempuan untuk menjaga dan menutup auratnya. Dengan banyaknya model bentuk pakaian yang mengikuti trend yang sedang berkembang tak sedikit muslimah meniru macam-macam model pakaian yang kurang memperhatikan dalam sisi hukum syari’at Islam bagi penggunanya. Hal ini khususnya terjadi pada muslimah di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat yang dikenal sebagai Fakultas mumpuni dibidang agama. Oleh sebab itu, penulis ingin melihat sejauh mana mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat memahami ayat-ayat tentang kewajiban dalam menjaga aurat dan bagaimana praktik pengamalan dalam kehidupan sehari-hari, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan praktik pengamalan mahasiswi dalam menutup aurat. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi lapangan (Field research). Data diperoleh melalui data primer dan sekunder. penelitian ini menggunakan teknik penggumpulan data wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap dosen prodi IAT, dan sembilan mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. Kemudian data tersebut diolah secara deskriptif melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat mengetahui dan memahami ayat-ayat tentang kewajiban perempuan dalam menjaga aurat dengan tingkatan yang berbeda-beda yaitu; kemampuan translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi. Namun, tidak semua pemahaman yang didapatkan mereka praktikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena beberapa dari mereka masih kurang kesadarannya terhadap menjaga aurat dan masih terpengaruh dengan orang lain untuk memakai pakaian yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wafiq Miftahul Maghfirah Wafiq
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:40
Last Modified: 27 Oct 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33677

Actions (login required)

View Item
View Item