Analisis Penentuan Persentase Margin Pembiayaan Murabahah Pada BPRS Taman Indah Darussalam

Muhardian Syahputra, 27153126 (2020) Analisis Penentuan Persentase Margin Pembiayaan Murabahah Pada BPRS Taman Indah Darussalam. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Penentuan Persentase Margin  Pembiayaan Murabahah Pada BPRS Taman Indah Darussalam] Text (Analisis Penentuan Persentase Margin Pembiayaan Murabahah Pada BPRS Taman Indah Darussalam)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kemiripan penentuan margin Murabahah Bank Syari’ah dengan suku bunga kredit bank Konvensional menjadi salah satu faktor pembentuk paradigma masyarakat bahwa bank syari’ah sama saja dengan bank konvensional,dan ini terjadi pada tingkat margin yang ditetapkan PT. BPRS Taman Indah Darussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penentuan besaran margin pembiayaan murabahah dan bagaimana pembebanan premi resiko terhadap pembiayaan murabahah pada PT. BPRS Taman Indah Darussalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana objek penelitiannya adalah PT. BPRS Taman Indah Darussalam. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan yaitu melalui hasil wawancara langsung dengan beberapa staf Bank BPRS Taman Indah Darussalam dan penelaahan buku-buku laporan sistem pelayanan perbankan marketing syariah dan lainnya. Hasil yang diperoleh yaitu penentuan besaran margin pembiayaan murabahah pada PT. BPRS Taman Indah Darussalam ditentukan berdasarkan, cost of fund, overhead cost, dan expected return. Setelah ditetapkan nilainya, kemudianditambahdenganmaximized risk premium dan didapatlah nilai margin pembiyaan murabahah. Pembebanan premi resiko terhadap pembiayaan murabahah pada PT. BPRS Taman Indah Darussalam yaitu sebesar 3 % dengan tidak mengembalikannya pada nasabah yang mengalami kelancaran pembayaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Muhardian Syahputra Syahputra
Date Deposited: 27 Oct 2023 07:18
Last Modified: 27 Oct 2023 07:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33684

Actions (login required)

View Item
View Item