Pencapaian Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap dab Cara Belajar Peseta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 5 Aceh Besar.

Rajak, 140204117 (2023) Pencapaian Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap dab Cara Belajar Peseta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 5 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pencapaian Hasil Belajar Ditinjau Dari  Sikap dab Cara   Belajar Peseta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika di MAN   5 Aceh Besar.] Text (Pencapaian Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap dab Cara Belajar Peseta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 5 Aceh Besar.)
Rajak, 140204117, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang telah di lakukan di MAN 5 Aceh Besar, sikap dan cara belajar peserta didik dapat di bentuk dan diubah melalui pendidikan. Sikap belajar ikut menentukan intensitas kegiatan belajar. Sikap belajar yang positif akan menimbulkan intensitas kegiatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sikap belajar yang negatif. Peranan sikap bukan saja hanya ikut-ikutan untuk menentukan apa yang dilihat oleh seseorang melainkan juga bagaimana ia melihatnya terutama pada pembelajaran fisika. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pencapaian hasil belajar ditinjau dari sikap dan cara belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di MAN 5 Aceh Besar. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 25 peserta didik dengan metode deskriptif. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner yang diberikan kepada peserta didik dalam meninjau sikap dan cara belajar peserta didikdan di isi langsung oleh para peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa sikap belajar dapat dikatakan baik pada sebahagian besar peserta didik. Hasil belajar siswa dikategorikan kurang baik berdasarkan dari hasil dan data yang di peroleh peneliti dapat disimpulkan bahwa sikap belajar berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal tersebut didukung dengan observasi pengisian lembar kuesioner, dan hasil wawancara yang peneliti lakukan dengan guru yang bersangkutan dan dapat dilihat dari sikap belajar peserta didik yang kurang positif. Kemudian dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian yang kurang baik. Sehinga dapat disimpulkan bahwa sikap dan cara belajar peserta didik menentukan pencapaian hasil belajar Ha diterima dalam penelitian ini dan H0 di tolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pencapaian, Hasil Belajar, Sikap dan Cara Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rajak Rajak Rajak
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:22
Last Modified: 30 Oct 2023 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33689

Actions (login required)

View Item
View Item