Pengaruh Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Minat Belajar dan Retensi (Daya Ingat) Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Harapan Bangsa.

Ilma Hasanah, 191003023 (2023) Pengaruh Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Minat Belajar dan Retensi (Daya Ingat) Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Harapan Bangsa. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Strategi PQ4R (Preview, Question,  Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Minat Belajar dan Retensi (Daya Ingat) Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Harapan Bangsa.] Text (Pengaruh Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Minat Belajar dan Retensi (Daya Ingat) Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Harapan Bangsa.)
FULL TESIS LENGKAP BELUM ABSTRAK DAN LAMPIRAN SURAT PENELITIAN DLL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

SKI merupakan salah satu mata pelajaran yang tergabung dalam mata pelajaran PAI, dalam proses pembelajarannya masih banyak sekali permasalahan yang terjadi dikelas sehingga menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar, diantaranya kurangnya minat dalam belajar juga kemampuan retensi (daya ingat) peserta didik yang masih rendah, karena itu perlu ada upaya dalam penggunaan strategi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Dalam hal ini strategi PQ4R merupakan salah satu strategi yang tepat digunakan untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan belajar SKI tersebut, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap minat belajar dan retensi (daya ingatan) peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Quasi-Experimental Design dengan model Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group. Penelitian ini dilakukan pada MTsS Harapan Bangsa Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Indonesia. Penelitian dilakukan pada semester genap Tahun Ajaran 2022/ 2023. Sampel penelitian sebanyak 40 kelompok eksperimen dan 40 kelompok kontrol. Parameter yang diukur dalam penelitian adalah minat belajar dan retensi. Data minat belajar dianalisis dengan uji statistik parametrik ANACOVA dan retensi menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi dari peserta didik yang belajar secara konvensional, dengan nilai skor 83 untuk kelas eksperimen dan 66 untuk kelas kontrol, hal tersebut terlihat dari hasil 30,80 > 3,97 (Fhitung > Ftabel), sehingga hipotesis Ha diterima. Retensi (daya ingat) peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R berbeda, yaitu 89 untuk kelas kontrol dan 95 untuk kelas eksperimen, hal tersebut terlihat dari hasil 16,46 > 3,97 (Fhitung > Ftabel), sehingga hipotesis Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) berpengaruh terhadap minat belajar dan retensi (daya ingatan) peserta didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Harapan Bangsa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilma Hasanah Ilma
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:16
Last Modified: 31 Oct 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33690

Actions (login required)

View Item
View Item