Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat (Stm) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Man 2 Aceh Besar

Marima, 190207070 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat (Stm) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Man 2 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran; Sains Teknologi dan Masyarakat (STM); Minat dan Hasil belajar] Text (Model Pembelajaran; Sains Teknologi dan Masyarakat (STM); Minat dan Hasil belajar)
Marima, 190207070, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi di kelas X MAN 2 Aceh Besar masih rendah dikarenakan kurang penggunaan model dan media pembelajaran yang bervariasi sesuai materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Sains teknologi dan masyarakat (STM). Rancangan penelitian ini menggunakan Pre-eksperimental. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X IA dan sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas, yang terdiri dari kelas eksperimen dengan jumlah 15 orang siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data minat dalam penelitian ini menggunakan angket minat terbuka menggunakan skala guttman sedangkan teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan uji t . Hasil analisis minat belajar siswa sangat meningkat dengan nilai rata-rata 76,75 dikategorikan tinggi. Siswa sangat senang dalam mengikuti pelajaran dengan pengamatan secara langsung serta siswa juga bersemangat belajar biologi di lapangan karena siswa mendapat pengalaman baru setelah belajar di lingkungan sekolah. Analisis hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata N-Gain 0,77 dikategorikan tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Sains Teknologi Dan Masyarakat (STM) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Marima Rima
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:26
Last Modified: 31 Oct 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33692

Actions (login required)

View Item
View Item