Pemetaan UMKM di Kecamatan Ulee Kareng Dalam Percepatan One Village One Product (OVOP)

T. Raiyan, 160604089 (2023) Pemetaan UMKM di Kecamatan Ulee Kareng Dalam Percepatan One Village One Product (OVOP). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemetaan UMKM, One Village One Product, Ulee Kareng] Text (Pemetaan UMKM, One Village One Product, Ulee Kareng)
T. Raiyan, 160604089, FEBI, IE, 082272812172.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemetaan UMKM di Kecamatan Ulee Kareng, dan untuk mengetahui bagaimana Kecamatan Ulee kareng menjalankan program One Village One Product (OVOP) pada setiap pelaku UMKM. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library reasearch) yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang data-datanya dinyatakan dalam bentuk kata-kata atau kalimat. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program One Village One Product (OVOP) Kota Banda Aceh. Analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis), yang digunakan untuk menganalisis dan memahami teks. Analisis data menggunakan tiga tahapan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program OVOP sangat potensial untuk menjadi alternatif pendekatan pemberdayaan sektor ekonomi rakyat dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga, dan bahkan dapat menunjang tumbuhnya perekonomian desa di Kecamatan Ulee Kareng. Pelaksanaan pemetaan dilakukan dengan pembentukan Tim Pendataan (Enumerator) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Banda Aceh dalam Rangka Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif. Produk yang terdata paling banyak diperoleh dari Kecamatan Ulee Kareng (50 produk) dan paling sedikit di Kecamatan Kuta Raja (26 produk). Sebaran produk UMKM berdasarkan wilayah desa yang ada di Kecamatan Ulee Kareng paling banyak terdapat di desa Lambhuk dan paling sedikit di desa Pango Deah dan desa Lamglumpang. Cara Kecamatan Ulee Kareng menjalankan program One Village One Product pada setiap pelaku UMKM adalah dengan mengimplementasikan unsur-unsur gerakan OVOP. Kopi yang menjadi produk unggulan ini pun dapat terwujudkan karena memiliki daya dukung antara satu desa dengan desa lain di Kecamatan Ulee Kareng

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: T. Raiyan Raiyan
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:57
Last Modified: 01 Nov 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33701

Actions (login required)

View Item
View Item