Peran Orang Tua dalam Pengenalan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini di Daycare Taman Pintar

Misriaton, 170210029 (2023) Peran Orang Tua dalam Pengenalan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini di Daycare Taman Pintar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Orang Tua dalam Pengenalan  Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini di Daycare Taman Pintar] Text (Peran Orang Tua dalam Pengenalan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini di Daycare Taman Pintar)
Misriaton, 170210029, FTK, PIAUD, 082274632483.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Orang tua sudah memberikan pengenalan pendidikan seks kepada anak dimulai usia 2 tahun, akan tetapi ketika anak berada di dalam lingkungan sekolah dan lingkungan bermain anak-anak belum menerapkan apa yang orang tuanya berikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang peran orang dalam pengenalan pendidikan seks pada anak dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat orangtua dalam pengenalan pendidikan seks pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan adalah orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun berjumlah 8 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua terhadap pengenalan pendidikan seks anak sudah cukup baik. Orang tua memegang peranan yang sangat penting terhadap pendidikan seks anak, yaitu sebagai pendidik, sesuai dengan tahapan usianya. Adapun faktor-faktor pendukung ialah faktor pendidikan orang tua, faktor pengetahuan, faktor media sosial, dan lingkungan keluarga. Sedangkan faktor penghambat ialah faktor lingkungan, faktor pekerjaan, faktor bahasa, faktor pengetahuan, faktor media sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pendidikan Seks Anak Usia Dini
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Misriaton Misriaton
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:26
Last Modified: 02 Nov 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33708

Actions (login required)

View Item
View Item