Strategi Koperasi PT Ketiara Dalam Mensosialisasikan Bahaya Penggunaan Zat Kimia Pada Tanaman Kopi

Feby Sugesti Ningsih, 180404006 (2022) Strategi Koperasi PT Ketiara Dalam Mensosialisasikan Bahaya Penggunaan Zat Kimia Pada Tanaman Kopi. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi, sosialisai, bahaya penggunaan zat kimia, petani dan tanaman kopi] Text (Strategi, sosialisai, bahaya penggunaan zat kimia, petani dan tanaman kopi)
Feby Sugesti Ningsih, 180404006, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Strategi koperasi dalam mensosialisasikan bahaya penggunaan zat kimia pada tanaman kopi yang dilakukan oleh PT Ketiara merupakan kebijakan strategis untuk mendorong produksi dan produktivitas dalam sektor pertanian. Kegiatan yang dilaksanakan dilakukan mulai dari tahap pendekatan terhadap masyarakat hingga membentuk koperasi. Pembentukan koperasi ini dilakukan untuk memecahkan segala masalah pada masyarakat petani kopi mulai dari peningkatan produktifitas dan kualitas kopi yang dihasilkan. Peneliti bermaksud untuk mengkaji tentang bagaimana strategi PT Ketiara melakukan sosialisasi dan pemberdayaan terhadapan masyarakat petani kopi di Gampong Bies mulie sebagai indikator keberhasilan kegiatan yang dilakukan PT ketiara. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Bies mulie kecamatan Bies Kabupaten Aceh Tengah dengan informasi penelitian adalah staf lapangan PT ketiara, delegasi koperasi yang ada di Gampong Bies Mulie, Geuchik Bies mulie, dan sebahagian masyarakat petani kopi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian strategi pendekatan oleh perusahaan eksportir kopi arabika asal Gayo tersebut diantarnya menjalin hubungan baik dengan masyarakat serta para pejabat didaerah Bies Mulie, melakukan sosialisasi baik bagi anak-anak sebagai generasi penerus pengembagan budaya budidaya kopi. Serta kepada masyarakat petani kopi itu sendiri dan diadakanya kegiatan pelatihan fairtrade. kegiatan yang berlangsung lama ini menimbulkan berbagai respon dari masyarakat. respon yang diberikan oleh masyarakat sebagian besar bersifat positif dan menerapkan hasil sosialisasi dalam pengolahan pertanian

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Feby Sugesti Ningsih Feby
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:47
Last Modified: 02 Nov 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33715

Actions (login required)

View Item
View Item