Relasi Kompetensi Profesional Guru terhadap Peran Keteladanan di SMA Laboratorium Unsyiah Kota Banda Aceh

Zulfatmi, 2008017502 (2023) Relasi Kompetensi Profesional Guru terhadap Peran Keteladanan di SMA Laboratorium Unsyiah Kota Banda Aceh. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of Turnitin : Relasi Kompetensi Profesional Guru terhadap Peran Keteladanan di SMA Laboratorium Unsyiah Kota Banda Aceh] Text (Turnitin : Relasi Kompetensi Profesional Guru terhadap Peran Keteladanan di SMA Laboratorium Unsyiah Kota Banda Aceh)
Turnitin RELASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PERAN KETELADANAN DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH KOTA BANDA ACEH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi profesional guru belum dapat merubah akhlak siswa menjadi lebih baik. Usman mengemukakan bahwa guru memiliki peran yang penting, dan bertanggung jawab dalam pembentukan karakter siswanya. Guru merupakan faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap keberhasilan pendidikan karakter di sekolah. Fakta di lapangan, masih banyak ditemukan beberapa guru yang belum memiliki kompetensi yang baik. Salah satu kompetensi yang perlu disoroti adalah kompetensi profesional yang dimiliki oleh seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru di SMAS Laboratorium School Unsyiah; mengetahui peran keteladanan guru di SMAS Laboratorium School Unsyiah; mengetahui relasi kompetensi profesional guru terhadap peran keteladanan di SMAS Laboratorium School Unsyiah Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. dengan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, observasi. Ada 3 temuan dalam kajian ini; pertama kompetensi profesional guru di SMAS Laboratorium School Unsyiah; kedua, peran keteladanan guru di SMAS
Laboratorium School Unsyiah; ketiga relasi kompetensi profesional guru terhadap peran keteladanan di SMAS Laboratorium School Unsyiah. Temuan ini dapat digunakan untuk memperkuat data tentang relasi kompetensi profesional
guru terhadap peran keteladanan . Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi profesional guru sangat erat hubungannya dalam proses memberi keteladanan bagi siswa, sehingga siswa akan cenderung mudah untuk dinasehati.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Depositing User: Zulfatmi Budiman
Date Deposited: 03 Nov 2023 09:43
Last Modified: 03 Nov 2023 09:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33731

Actions (login required)

View Item
View Item