Internalisasi Nilai Melalui Student Centered Learning (SCL) Approach.

Zulfatmi, 2008017502 (2023) Internalisasi Nilai Melalui Student Centered Learning (SCL) Approach. Jurnal MUDARRISUNA.

[thumbnail of Turnitin : Internalisasi Nilai Melalui Student Centered Learning (SCL) Approach.] Text (Turnitin : Internalisasi Nilai Melalui Student Centered Learning (SCL) Approach.)
Turnitin Internalisasi Nilai Melalui Student Centered Learning (SCL) Approach.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsung di lembaga pendidikan
seperti sekolah, madrasah dan bahkan perguruan tinggi masih
kering dari upaya penanaman nilai bagi peserta didik. Proses yang berlangsung lebih didominasi transfer knowledge (penuangan pengetahuan) alih-alih dari internalisasi nilai yang merupakan perkara penting dalam sebuah aktifitas pendidikan. Sementara itu, metodologi pembelajaran dewasa ini telah berkembang demikian pesat, sehingga telah terjadi perubahan paradigma pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Seiring perubahan tersebut muncul kekhawatiran sebagian pendidik terhadap semakin keringnya proses pembelajaran dari upaya internalisasi nilai pada peserta didik di berbagai lembaga pendidikan. Kajian ini berusaha menyuguhkan benang merah diantara berbagai kekhawatiran tereliminir upaya internalisasi nilai dalam praktik pendidikan di satu sisi dan semangat penerapan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik di sisi lain .

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulfatmi Budiman
Date Deposited: 03 Nov 2023 09:43
Last Modified: 03 Nov 2023 09:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33734

Actions (login required)

View Item
View Item