Pemamfaatan Hasil Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson dalam Memperbaiki Pembelajaran di MAN 2 Banda Aceh

Yansi Humaira, 180205036 (2022) Pemamfaatan Hasil Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson dalam Memperbaiki Pembelajaran di MAN 2 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hasil Analisis, Kesalahan Siswa, Program Linear, Kriteria Watson] Text (Hasil Analisis, Kesalahan Siswa, Program Linear, Kriteria Watson)
Yansi Humaira, 180205036, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kesalahan merupakan suatu bentuk penyimpangan terhadap jawaban sebenarnya yang bersifat sistematis. Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal program linear dan menganggap soal program linear menjadi soal yang sulit untuk dikerjakan sehingga siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikannya. Sehingga diperlukannya analisis terhadap kesalahan yang dilakukan siswa berguna untuk menyelesaikan permasalahan dan membantu siswa dalam menyelesaikan soal program linear. Analisis kesalahan berdasarkan kriteria Watson membantu siswa untuk mengetahui dimana letak kesalahan atau bentuk kesalahan yang dilakukan sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk meminimalkan kesalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi program linear berdasarkan kriteria Watson dan (2) mengetahui pemamfaatan hasil analisis kesalahan dalam memperbaiki pembelajaran matematika berdasarkan kriteria Watson pada materi program linear. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek siswa yang paling banyak melakukan kesalahan di kelas XI MIA 1 MAN 2 Banda Aceh. Instrumen dalam penelitian terdiri dari tes soal uraian program linear dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan serta triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan data tidak tepat, kesalahan data hilang, kesalahan masalah hierarki, kesalahan kesimpulan hilang dan kesalahan selain ketujuh kriteria watson. Dengan adanya penelitian ini dapat bermamfaat bagi guru dan siswa, karena peneliti memakai RPP model perubahan konseptual dan LKPD sehingga dengan adanya RPP menekankan dimana letak kesalahan siswa dan hasilnya dari 20 siswa yang mengikuti tes remedial hanya 2 siswa yang belum tuntas dan 16 siswa tuntas ( 85% tuntas ). Guru bisa memakai pada saat proses pembelajaran dengan RPP perubahan konseptual

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yansi Humaira Yansi
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:01
Last Modified: 03 Nov 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33736

Actions (login required)

View Item
View Item