Landasan Konseptual Konseling Islam Dalam Menangani Kasus Murtad (Kajian Terhadap Buku Jinayah Murtad Dari Sudut Hukum Syara’ Dan Perundangan Islam Karangan Haji Said Haji Ibrahim)

Hanis Atirah Binti Abdul Ghafar, 150402013 (2023) Landasan Konseptual Konseling Islam Dalam Menangani Kasus Murtad (Kajian Terhadap Buku Jinayah Murtad Dari Sudut Hukum Syara’ Dan Perundangan Islam Karangan Haji Said Haji Ibrahim). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Landasan Konseptual Konseling Islam Dalam Menangani Kasus Murtad (Kajian Terhadap Buku Jinayah Murtad Dari Sudut Hukum Syara’ Dan Perundangan Islam Karangan Haji Said Haji Ibrahim)] Text (Landasan Konseptual Konseling Islam Dalam Menangani Kasus Murtad (Kajian Terhadap Buku Jinayah Murtad Dari Sudut Hukum Syara’ Dan Perundangan Islam Karangan Haji Said Haji Ibrahim))
Hanis Atirah Binti Abdul Ghafar, 150402013, FDK, BKI .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana mendeskripsikan profil buku Jinayah Murtad dari Sudut Hukum Syara’ dan Perundangan Islam? 2.Bagaimana landasan dan proses penetapan hukum terhadap orang murtad? 3.Bagaimana proses taubat terhadap kasus orang murtad? 4.Bagaimana landasan konseling Islam dalam proses pertaubatan terhadap kasus orang murtad? Penelitian ini bertujuan 1.Untuk mendeskripsikan profil buku Jinayah Murtad dari Sudut Hukum Syara’ dan Perundangan Islam.2.Untuk mengetahui proses penetapan dan landasan hukum terhadap orang murtad. 3.Untuk mengetahui proses taubat terhadap kasus murtad. 4.Untuk mengetahui landasan konseling Islam dalam proses pertaubatan terhadap kasus orang murtad. Perbuatan murtad telah diancam di dalam Al-Quran dengan ancaman bahwa siapa saja yang mati dalam kekafiran akan masuk ke dalam neraka selama-lamanya. Selain itu, terdapat hadis Rasulullah yang mendukung ancaman dari Allah dengan hukuman bunuh terhadap penjinayah murtad. Tetapi hukuman bunuh tidak dilaksanakan karena masyarakat menganggap bahwa hukuman tersebut telah melanggar Hak Asasi Manusia karena alasan kebebasan beragama. Dalam membahas skripsi ini penulis menggunakan metode content analysis atau analisis isi, yaitu analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi terhadap sebuah buku yang berjudul Jinayah Murtad dari Sudut Hukum Syara’ dan Perundangan Islam. Teknik content analysis (analisis isi) adalah teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi (proses penarikan kesimpulan berdasarkan pertimbangan yang dibuat sebelumnya atau pertimbangan umum simpulan) yang dapat ditiru (replicable) dan shahih data dengan memperhatikan konteksnya. Penulis telah menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang ada di pustaka, membaca, mencatat serta mengolah bahan yang berkenaan dengan penelitian inidimana menjadikan buku Jinayah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hanis Atirah Binti Abdul Ghafar
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:00
Last Modified: 03 Nov 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33742

Actions (login required)

View Item
View Item