Dampak Penggunaan Cangkul Padang Bagi Masyarakat Terhadap Populasi Ikan Depik Di Danau Lut Tawar

Famila Lusia, 190404050 (2023) Dampak Penggunaan Cangkul Padang Bagi Masyarakat Terhadap Populasi Ikan Depik Di Danau Lut Tawar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Dampak Penggunaan Cangkul Padang Bagi Masyarakat Terhadap Populasi Ikan Depik Di Danau Lut Tawar] Text (Dampak Penggunaan Cangkul Padang Bagi Masyarakat Terhadap Populasi Ikan Depik Di Danau Lut Tawar)
Famila Lusia, 190404050, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses tahapan hingga terbentuk sebuah alat tangkap berbentuk bagan yang berada di Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah. Dinas Perikanan Aceh Tengah menyatakan bahwa dampak yang timbul akibat dari penggunaan alat tangkap ini mencapai 80% berdampak tidak baik bagi masyarakat dan lingkungan. Maka permasalahan cangkul padang masih sangat mengkhawatirkan, termasukdi Kecamatan Bintang. Masyarakat Aceh Tengah juga berdampak pada penurunan kualitas dan kuantitas ikan depik serta harga yang di tawarkan drastic meningkat. Maka darri itu masalah cangkul padang menjadi masalah serius di Aceh Tengah sehingga dibuatlah peraturan bupati yang mengharuskan bagan tersebut dibongkar dan memicu k antara nelayan tangkap dan pemerintah kebijakan dari daerah sudah mengatur mulai dari jarak, ukuran jaring dan keamanan arus dari tepi dana uke tengah danau, namun tidak dihiraukan dan saat ini masih dalam menjadi perbincangan yang terus dikaji, hal inilah yang dikaji dalam penulisan ini. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriftif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancaara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya dampak yang merugikan lingkungan, masyarakat , populasi yang di khawatirkan akan pnah dan hilannya pekerjaan bagi para pedangan UKM setempat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Famila Lusia
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:01
Last Modified: 03 Nov 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33744

Actions (login required)

View Item
View Item