Implementasi Metode Quantum Memori Dalam Menghafal Al-Qur’an Di SDTI Hafizul Ilmi Desa Blang Krueng Aceh Besar

Qurrata A’yuni, 190201075 (2023) Implementasi Metode Quantum Memori Dalam Menghafal Al-Qur’an Di SDTI Hafizul Ilmi Desa Blang Krueng Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Metode Quantum Memori Dalam  Menghafal Al-Qur’an Di Sdti Hafizul Ilmi Desa Blang Krueng Aceh Besar] Text (Implementasi Metode Quantum Memori Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Sdti Hafizul Ilmi Desa Blang Krueng Aceh Besar)
Qurrata A’yuni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Metode pembelajaran dinilai sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran, penerapan pembelajaran yang tepat menjadikan proses pembelajaran lebih efektif dan efisien. Metode kauny quantum memory merupakan salah satu metode yang memudahkan peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah langkah-langkah metode Kauny Quantum Memory dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Hafizul Ilmi desa Blang Krueng? (2) Apa saja kendala dalam penerapan metode Kauny Quantum Memory dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Hafizul Ilmi desa Blang Krueng? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan metode ini menggunakan beberapa langkah-langkah yaitu baby reading, mind mapping, anchoring, membuat alur, jembatan kata, visualisasi, dan berpikir positif. Adapun kendala yang terjadi selama proses pelaksanaan metode ini berasal dari faktor internal (guru), dan eksternal. Guru harus lebih menguasai materi berdasarkan teori tidak hanya pada pelaksanaan di lapangan. Sedangkan kendala ekternal yaitu berasal dari anak-anak kurang semangat muraja’ah, anak-anak berkebutuhan khusus yang pengucapan yang tidak jelas, waktu yang singkat hanya setengah hari, hanya ada satu tempat, orang tua yang tidak mau menghadiri rapat yang dilaksanakan sekolah untuk membahas perkembangan hafalan Al-Qur’an peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Qurrata A’yuni Qurrata
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:04
Last Modified: 03 Nov 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33746

Actions (login required)

View Item
View Item