Pemberdayaan Anak Yatim (Studi Kasus di Dayah Markaz Ishlah Al-Aziziyah Kota Banda Aceh)

Zulfatmi, 2008017502 (2023) Pemberdayaan Anak Yatim (Studi Kasus di Dayah Markaz Ishlah Al-Aziziyah Kota Banda Aceh). Proceeding : Artikel dalam proceeding seminar internasional ICONIC, 2021.

[thumbnail of Turnitin : Pemberdayaan Anak Yatim (Studi Kasus di Dayah Markaz Ishlah Al-Aziziyah Kota Banda Aceh)] Text (Turnitin : Pemberdayaan Anak Yatim (Studi Kasus di Dayah Markaz Ishlah Al-Aziziyah Kota Banda Aceh))
Pemberdayaan Anak Yatim (Studi Kasus di Dayah Markaz Ishlah Al-Aziziyah Kota Banda Aceh).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh keluarga seperti perceraian, broken home,masalah ekonomi, atau meninggal salah satu kedua orang tua menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh besar bagipsikologianakdanpengembangankepribadianserta pendidikan. Kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua akan berdampak negatif bagi perkembangan anak. Adanya lembaga pendidikan Islam seperti Dayah Markaz Al-Islah Al-Aziziyah yang menampung anak-anak yatim untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri anak dan mendapatkan pendidikan yang layak. Tujuanpenelitian ini adalah bagaimana proses pemberdayaan anak yatim di Dayah Markaz Al-Islah Al-Aziziyah Kota BandaAceh.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitianbahwa proses pemberdayaan anak yatim dalam pembinaan akhlak dan peningkatan pengetahuan agama di Dayah Markaz Al-Islah Al-Aziziyah Kota Banda Aceh melalui tigatahap yaitu;1) Perencanaan meliputi menyusun struktur kepengurusan dan menyusun program kerja. 2) pelaksanaanmeliputi mengikuti pengajian rutin setiap hari, menghafal al-Qur’an, dan melaksanakan rutinitas ibadah wajib dan sunah secara berjamaah. Pembinaan kerohanian serta pembinaan akademik (pendidikan formal).3) evaluasi terhadap santri dan guru

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulfatmi Budiman
Date Deposited: 03 Nov 2023 09:44
Last Modified: 03 Nov 2023 09:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33747

Actions (login required)

View Item
View Item