Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Materi Statistika Pada Siswa MA/SMA

Ulfi Ildya Rahma, 190205057 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Materi Statistika Pada Siswa MA/SMA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Materi Statistika Pada Siswa MA/SMA] Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Materi Statistika Pada Siswa MA/SMA)
Ulfi Ildya Rahma,190205057,FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Kemampuan literasi merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan saat ini. Salah satu kemampuan literasi yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari adalah kemampuan literasi matematis. Namun kenyataannya hasil tes awal kemampuan literasi matematis siswa masih tergolong rendah hal ini bisa disebabkan karena guru tidak seluruhnya melaksanakan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan modul ajar yang dibuat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan untuk mengetahui perbandingan kemampuan literasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan literasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Lhokseumawe. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling yang sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Hasil pengolahan data statistik uji-t pihak kanan diperoleh t_hitung=5,45 dan t_tabel=1,67, karena t_hitung>t_tabel yaitu 5,45>1,67, maka H_0 ditolak dan terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari kemampuan literasi yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ulfi Ildya Rahma Rahma
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:02
Last Modified: 03 Nov 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33751

Actions (login required)

View Item
View Item