Pengujian PH Dan Iritasi Formulasi Lulur Tradisional Dari Daging Buah Asam Jawa (Tamarindus Indica Linn)

Prithi Riski Dewi, 160704031 (2023) Pengujian PH Dan Iritasi Formulasi Lulur Tradisional Dari Daging Buah Asam Jawa (Tamarindus Indica Linn). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Pengujian PH Dan Iritasi Formulasi Lulur Tradisional Dari Daging Buah Asam Jawa (Tamarindus Indica Linn)] Text (Pengujian PH Dan Iritasi Formulasi Lulur Tradisional Dari Daging Buah Asam Jawa (Tamarindus Indica Linn))
Prithi Riski Dewi, 160704031, FST, KIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Daging buah asam jawa (Tamarindus indica linn) merupakan bahan alami untuk membuat lulur tradisional, lulur merupakan tahap awal untuk merawat kulit secara teratur sehingga dapat menjaga kulit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui formula yang paling baik untuk uji pH dan uji iritasi produk lulur tradisional dari daging buah asam jawa (Tamarindus indica linn). Penelitian ini menggunakan pengujian uji pH menggunakan alat pH Meter Spear Eutech dan uji iritasi menggunakan mencit. Hasil uji pH formulasi kontrol 6,42, pH formulasi 1 bernilai 4,34, pH formulasi 2 bernilai 3,95 dan pH formulasi 3 bernilai 3,50, yang memenuhi syarat pH kulit yaitu formulasi kontrol dan formulasi 1, dari formulasi ini dilakukan pengujian iritasi yang dioleskan pada mencit selama masa pengecekan 3 x 24 jam dan didapatkan hasil kedua mencit tidak mengalami iritasi yang disebabkan oleh eudema atau eritema selama pengecekan 3 x 24 jam. Dari hasil percobaan lulur formulasi 1 merupakan lulur yang sangat baik karena memenuhi pH kulit yaitu 4,34 dan tidak terjadinya iritasi ketika diaplikasikan pada kulit mencit dengan pengecekan 3 x 24 jam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Prithi Riski Dewi
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:11
Last Modified: 03 Nov 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33758

Actions (login required)

View Item
View Item