Reformasi Sekolah (Studi Kritis Terhadap Pemikiran Ivan Illich)

Zulfatmi, 2008017502 (2023) Reformasi Sekolah (Studi Kritis Terhadap Pemikiran Ivan Illich). Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA.

[thumbnail of Turnitin : Reformasi Sekolah (Studi Kritis Terhadap Pemikiran Ivan Illich)] Text (Turnitin : Reformasi Sekolah (Studi Kritis Terhadap Pemikiran Ivan Illich))
REFORMASI SEKOLAH (STUDI KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN IVAN ILLICH).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Ada di antara para pemikir modern yang selama ini mengkritisi eksistensi persekolahan karena dipandang belum memenuhi harapan manusia pada umumnya. Keberadaan sekolah belum dilaksanakan untuk mencapai fungsi sejatinya dalam hal humanisasi. Sebaliknya, justru melalui berbagai macam aktifitas, pendidikan seringkali tidak mengembangkan otonomi individu. Pendidikan hanya berjalan sebagai monopoli radikal
dalam hal pembelajaran dan teknologi yang hanya berusaha memenuhi keinginan segelintir orang yang memiliki otoritas tertentu. Ivan Illich, salah seorang pemikir revolusioner, mengusik para pemerhati pendidikan untuk mengkritisi eksistensi lembaga pendidikan. Lebih lanjut lagi, dia juga menggulirkan usulan untuk melakukan reformasi persekolahan. Di satu sisi lahirnya pemikiran yang mengkritisi lembaga-lembaga pendidikan pada dasarnya bersifat positif, tapi di sisi lain ide ini juga tidak bisa diterima begitu saja. Para pendidik juga perlu mengkritisi ide-ide penyadaran tersebut.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Depositing User: Zulfatmi Budiman
Date Deposited: 03 Nov 2023 12:19
Last Modified: 03 Nov 2023 12:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33761

Actions (login required)

View Item
View Item