Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Pentani Gula Aren Di Kabupaten Aceh Tenggara Di Kaji Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Frisca Mu’arif Putri, 180602130 (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Pentani Gula Aren Di Kabupaten Aceh Tenggara Di Kaji Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kulitas  Tanah,  Modal,  Tenaga  kerja,  Harga  dan Kesejahteraan Petani.] Text (Kulitas Tanah, Modal, Tenaga kerja, Harga dan Kesejahteraan Petani.)
Frisca Mu`arif Putri, 180602130, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan petani gula aren di kabupaten aceh tenggara dikaji dalam perspektif ekonomi Islam. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik random sampling. Data yang digunakan adalah data primer, yang diperoleh secara langsung dari objek yang akan diteliti dalam bentuk persepsi responden dengancara mengedarkan daftar pertanyaan dalam bentuk kuesioner pada 60 responden. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan parsial least squere (PLS). Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa variable kualitas tanah terhadap kesejahteraan berpengaruh negative dan tidak signifikan sedangkan modal, tenaga kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kesejahteraan dan harga berpengaruh positif signifikan terhadap kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Frisca Mu'arif Putri Frisca
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:20
Last Modified: 08 Nov 2023 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33770

Actions (login required)

View Item
View Item