Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Raden The Barber Lingke)

Hidayatullah, 160602209 (2023) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Raden The Barber Lingke). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Harga, Promosi, Tempat, Orang, Bukti Fisik dan Proses] Text (Harga, Promosi, Tempat, Orang, Bukti Fisik dan Proses)
Hidayatullah, 160602209, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Barbershop merupakan bisnis yang sedang meroket. Mengambil momentum kembalinya tren rambut era Elvis Presley alias klimis alias gaya pomade, fenomena menjamurnya barbershop seolah tak terbendung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bauran jasa terhadap kepuasan konsumen Raden The Barber Lingke. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 200 responden yaitu konsumen Raden The Barber Lingke. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu hasil wawancara dengan konsumen Raden The Barber. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji simultan (uji F), uji parsial (uji T), dan uji Koefisien Determinasi (R2). Bauran pemasaran jasa terdiri dari harga, promosi, tempat, orang, bukti fisik dan proses. Selanjutnya uji F secara simultan variabel produk, harga, promosi, distribusi/tempat, orang, bukti fisik, dan proses berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Raden The Barber Lingke. Uji t atau uji secara parsial untuk variabel harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, promosi secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, tempat secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, orang secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, bukti fisik secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan proses secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,471 atau bila dipersentasekan 41,7% variabel harga, promosi, tempat, orang, bukti fisik dan proses memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Raden The Barber Lingke dan sisanya 58,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Hidayatullah Dayat
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:11
Last Modified: 06 Nov 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33776

Actions (login required)

View Item
View Item