Evektifitas Penggunaan Netsupport School Untuk Pembelajaran Praktikum Pada Mata Pelajaran Desain Media Interaktif Jurusan Multimedia kelas XII DI SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh

Muhammad Qautsar Maulana, 160212016 (2023) Evektifitas Penggunaan Netsupport School Untuk Pembelajaran Praktikum Pada Mata Pelajaran Desain Media Interaktif Jurusan Multimedia kelas XII DI SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Netsupport School] Text (Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Netsupport School)
Muhammad Qautsar Maulana, 160212016.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pada SMKN 5 Telkom Banda Aceh pendidik disekolah memaparkan kondisi kelas ketika sedang praktek pada mata pelajaran Desain Media Interaktif, banyak peserta didik membuka aplikasi yang tidak termasuk kedalam konteks pembelajaran tanpa sepengetahuan pendidik. Dengan adanya aplikasi ini, pendidik tidak lagi untuk berjalan ke setiap komputer untuk melihat aktivitas peserta didik ketika sedang dalam pembelajaran. Suasana yang dirasakan peserta didik seakan - akan dipantau langsung oleh pendidik, sehingga peserta didik fokus dengan materi yang diberikan oleh pendidik. Kemudian tugas yang telah dikerjakan langsung dikumpulkan melalui komputer masing-masing melalui software Netsupport School. Dengan cara ini, menggunakan perangkat lunak manajemen dan pemantauan di kelas dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, terutama ketika bekerja dengan media interaktif. Peserta didik selalu berbagi ilmu dan memiliki akses terhadap bahan pelajaran kapanpun dan dimanapun mereka membutuhkannya. Setelah mengolah data validitas menggunakan SPSS Statistics 25, mempunyai 2 variabel dengan 12 butir kuesioner yang masing-masing dari variabel x8, y4 dengan keterangan jika r hitung lebih besar dari r table maka hasilnya valid, jika r hitung lebih kecil dari r table maka hasilnya tidak valid. Pada penelitian ini mempunyai rtabel 0,422, sedangkan nilai r hitung semuanya diatas 0,422 dengan nilai tertinggi adalah 0,921 dan terendah 0,425 dengan nilai signifikan 0,000. Kuesioner dapat dikatakan handal jika nilai cronbach alpha >0,05. Dalam SPSS di tunjukkan bahwa cronbach alpha untuk kuesioner 0,906 dengan jumlah pernyataan 12 butir Nilai rata-rata (Mean) yang telah didapatkan yaitu 58.13 dari pernyataan kuesioner yang telah dijumlahkan dan dibagi dengan jumlah responden.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muhammad Qautsar Maulana Qautsar
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:35
Last Modified: 07 Nov 2023 07:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33792

Actions (login required)

View Item
View Item