Penghilangan Tradisi Maulid Nabi di Gampong Paya Lumpat Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat (1954-2023)

Reyla Ayatul Aini, 180501053 (2023) Penghilangan Tradisi Maulid Nabi di Gampong Paya Lumpat Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat (1954-2023). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penghilangan Tradisi Maulid Nabi di Gampong Paya Lumpat] Text (Penghilangan Tradisi Maulid Nabi di Gampong Paya Lumpat)
REYLA AYATUL AINI 180501053.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penghilangan Tradisi Maulid Nabi di Gampong Paya Lumpat Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat (1954-2023)”. Maulid nabi adalah peringatan hari kelahiran nabi yang dirayakan oleh sebagian umat Islam. Perayaan maulid nabi merupakan salah satu tradisi yang rutin dilakukan oleh masyarakat Aceh. Namun, di tengah-tengah mayoritas masyarakat Aceh yang merayakan Maulid Nabi, ada sekelompok masyarakat yang sudah tidak merayakannya yaitu masyarakat di Gampong Paya Lumpat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah penghilangan tradisi maulid nabi di Gampong Paya Lumpat dan bagaimana sikap masyarakat Gampong Paya Lumpat dalam merespon penghilangan tradisi maulid nabi di Gampong Paya Lumpat. Adapun lokasi penelitian yang penulis teliti adalah Gampong Paya Lumpat Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penghilangan maulid nabi di Gampong Paya Lumpat dimulai pada tahun 1954 sampai dengan sekarang. Adapun sikap masyarakat Gampong Paya Lumpat dalam merespon terhadap keputusan pemerintah gampong untuk tidak lagi melakukan perayaan maulid adalah menerima keputusan tersebut tanpa pertikaian walaupun di awal keputusan terdapat beberapa perbedaan pendapat di kalangan masyarakat namun hanya dalam jumlah yang kecil.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Hj. Nuraini A. Manan, M.Ag. 2. Ruhamah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Maulid Nabi, Gampong Paya Lumpat.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 301 Sosiologi dan antropologi
900 Geography and History > 907 Pendidikan, Penelitian, Topik yang berkaitan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Reyla Ayatul Aini
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:57
Last Modified: 08 Nov 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33798

Actions (login required)

View Item
View Item