Adat Pamali Pantang Bagi Perempuan Hamil (Studi Kasus Gampong Cot Dulang Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya)

Ernita, 140302001 (2021) Adat Pamali Pantang Bagi Perempuan Hamil (Studi Kasus Gampong Cot Dulang Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Adat Pamali Pantang Bagi Perempuan  Hamil (Studi Kasus Gampong Cot Dulang Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya)] Text (Adat Pamali Pantang Bagi Perempuan Hamil (Studi Kasus Gampong Cot Dulang Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya))
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kehamilan merupakan peristiwa kodrati perempuan yang sangat penting dan mulia, karena keadaan si ibu pada saat mengandung sangat bepengaruh dan menentukan eksistensi anak yang kelak akan dilahirkan. Tak heran jika banyak hal yang menjadi pantangan untuk dilakukan oleh perempuan hamil. Penelitian ini ingin mengkaji tentang adat pantang bagi perempuan hamil yang masih sangat dijaga serta dipercaya oleh masyarakat Gampong Cot Dulang pada perempuan hamil. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pandangan masyarakat Gampong Cot Dulang tentang adat pantang bagi perempuan hamil dan apa saja jenis pantangan yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa secara umum masyarakat Gampong Cot Dulang masih mempercayai dan menganut pada adat pantang yang dilarang untuk dilakukan oleh perempuan hamil. Perempuan yang sedang hamil diyakini harus menjalani berbagai pantangan, jika tidak menjalani ketentuan pantang dipercaya akan membawa akibat buruk, baik untuk perempuan hamil maupun untuk calon bayinya. Berbeda dengan masyarakat perkotaan, perempuan hamil mereka melakukan aktivitasnya dengan cara mandiri, makna mandiri yaitu bebas mereka tidak takut apa yang akan terjadi pada anaknya pada saat melahirkan nanti. Mereka juga dapat melakukan segala kegiatan seperti berkerja, berbelanja, bahkan berekreasi bersama teman-teman, tidak jarang pula ada yang berkeluyuran pada malam hari yang mana hal demikian dilarang jika ia tinggal di daerah perdesaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Ernita Ernita
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:02
Last Modified: 08 Nov 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33805

Actions (login required)

View Item
View Item