Daerah Jelajah Siamang (Symphalangus syndactylus) Di Stasiun Penelitian Soraya Kawasan Ekosistem Leuser, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam

Iyonnas Al Hayati, 170703041 (2023) Daerah Jelajah Siamang (Symphalangus syndactylus) Di Stasiun Penelitian Soraya Kawasan Ekosistem Leuser, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Daerah Jelajah Siamang Di Kawasan Ekosistem Leuser] Text (Membahas Daerah Jelajah Siamang Di Kawasan Ekosistem Leuser)
Iyonnas Al Hayati, 170703041, FST BIO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Siamang sebagai hewan arboreal hidup berkelompok hanya ada 4 individu dalam satu kelompok. Siamang memiliki daerah jelajah dapat berubah disebabkan oleh sumber pakan, perubahan iklim dan air. Luas daerah jelajah pada kelompok Hylobates bervariasi seperti Hylobates lar 41 Ha dan H. klossii 32 Ha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jarak harian siamang, gambaran peta jelajah serta mengetahui luas home range siamang pada Stasiun Penelitian Soraya. Stasiun Penelitian Soraya merupakan hutan sekunder menuju primer yang sempat menjadi hutan produksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Focal Animal Sampling, hal ini bertujuan mengikuti siamang mulai dari bangun hingga menjelang tidur pada pohon tidur (nest to nest). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 4 kelompok siamang, akan tetapi penelitian ini berfokus pada 1 kelompok yaitu kelompok W dengan individu lengkap 1 jantan, 1 betina, serta 1 anakan bayi. Kelompok W memiliki jarak harian yang mencapai 1172 m/hari, sedangkan untuk total luas home range mencapai 22,7 ha. Maka penelitian yang dilakukan pada Stasiun Penelitian Soraya menunjukkan daerah jelajah siamang mulai menyesuaikan keberadaan sumber pakan sehingga dalam hal ini Penelitian Stasiun Soraya mampu menyediakan sumber pakan bagi siamang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Iyonnas Al Hayati
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:34
Last Modified: 08 Nov 2023 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33807

Actions (login required)

View Item
View Item