Analisis Materi Akhlak Pada Buku Akidah Kelas VII Madrasah Tsanawiyah

Mujibaturrahmi, 170201017 (2023) Analisis Materi Akhlak Pada Buku Akidah Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Materi Akhlak pada Buku Akidah Kelas VII Madrasah Tsanawiyah] Text (Analisis Materi Akhlak pada Buku Akidah Kelas VII Madrasah Tsanawiyah)
Skripsi Siap Cetak Mujibaturrahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Menganalisis buku teks merupakan satu hal penting yang dilakukan sebelum buku tersebut digunakan sebagai media pembelajaran. Tujuannya agar terhidari dari kesalahan-kesalahan isi materi yang ada dalam sebuah buku teks. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan isi materi akhlak pada buku Akidah Akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah. 2) mengetahui kelayakan bahasa materi akhlak pada buku Akidah Akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian non interaktif. Sumber data primer yang digunakan adalah Buku Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis konten (content analysis), artinya penulis menganalisis materi akhlak yang terdapat dalam sumber data primer. Teknik analisis data dimulai dengan mencari buku yang akan dianalisis, kemudian peneliti membaca dan menelaah setiap bab akhlak serta memberikan kode untuk memudahkan penulis dalam menganalisis data. Kemudian memaparkan hasil pengkodean dalam pembahasan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kelayakan dari segi isi materi akhlak pada buku Akidah Akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah terbitan Direktorat KSKK Madrasah memperoleh presentase sebanyak 73,33 %, dengan kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran. Akan tetapi terdapat beberapa kekurangan yaitu hadits yang disajikan tidak bisa dikatakan hadits sempurna. Kemudian dari segi kedalaman materi masih sangat singkat dan padat. 2) Kelayakan dari segi bahasa materi akhlak pada buku Akidah Akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah terbitan Direktorat KSKK Madrasah memperoleh presentase sebanyak 92,85 %, dengan kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Akan tetapi yang perlu diperhatikan tentang ketepatan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, terdapat beberapa kesalahan dalam segi kebahasaan yaitu, tertinggal huruf, kelebihan huruf, kesalahan penulisan huruf, penulisan menggunakan kata yang tidak baku, dan kesalahan dalam penulisan kaidah bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mujibaturrahmi Mujibaturrahmi
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:09
Last Modified: 09 Nov 2023 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33809

Actions (login required)

View Item
View Item