Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Investasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri di Indonesia

Zar Yasir, 170604124 (2023) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Investasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri di Indonesia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Investasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri di Indonesia] Text (Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Investasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri di Indonesia)
Zar Yasir, 170604124, FEBI, IE, 082285491862.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Indonesia mengalami beberapa permasalahan salah satunya adalah pembangunan ekonomi. Keterbatasan pembiayaan merupakan permasalahan yang sering terjadi dalam pembangunan ekonomi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis berapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi dan investasi terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan statistik deskriptif dengan menganalisis hubungan kausalitas antar variabel pengaruh terhadap variabel konsekuen. Penggunaan data pertumbuhan ekonomi dan investasi PMDN dengan jenis data times series rentang tahunan dari tahun 1990-2022 yang diperoleh dari BPS Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di sektor industri dengan arah hubungan yang negatif. Sedangkan variabel investasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di sektor industri dengan arah hubungan yang positif. Dalam uji simultan variabel pertumbuhan ekonomi dan investasi, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di sektor industri. Bagi pemerintah perlu mengadopsi kebijakan yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan dengan fokus utama penyerapan tenaga kerja dan memperkuat investasi dalam sektor-sektor kunci dengan mengidentifikasi sektor-sektor kunci yang memiliki potensi untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Investasi, Penyerapan Tenaga Kerja, Industri
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Zar Yasir
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:14
Last Modified: 13 Nov 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33817

Actions (login required)

View Item
View Item