Jejak Karbon Akibat Kendaraan bermotor dan Konsumsi Listrik di kota Banda Aceh

Saiful Sidik, 170702086 (2023) Jejak Karbon Akibat Kendaraan bermotor dan Konsumsi Listrik di kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Jejak Karbon, Emisi Karbon, Konsumsi Bahan bakar Minyak Kendaraan Bermotor, Konsumsi Listrik.] Text (Jejak Karbon, Emisi Karbon, Konsumsi Bahan bakar Minyak Kendaraan Bermotor, Konsumsi Listrik.)
Saiful Sidik, 170702086, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kota Banda Aceh merupakan sebuah kota yang menjadi pusat pendidikan di Provinsi Aceh. Kepadatan penduduk yang tinggi dan aktivitas yang beragam di kota ini tentunya akan berdampak pada emisi karbon yang dihasilkan. Pada penelitian ini akan dilakukan perhitungan terhadap emisi jejak karbon yang dihasilkan dari aktivitas kendaraan bermotor dan aktivitas konsumsi listrik. Wilayah studi yang diambil adalah wilayah Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dua tahun terakhir konsumsi bahan bakar minyak dan data konsumsi listrik sekunder lima tahun terakhir. Perhitungan emisi karbon ini menggunakan metode Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) Guidelines (2006). Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata total emisi karbon dari kendaraan bermotor sebesar 95.800.861,76 tonCO2-eq/tahun dan rata-rata nilai total emisi karbon dari konsumsi listrik di Kota Banda Aceh sebesar 460.053,3117 tonCO2-eq/tahun. Dapat disimpulkan bahwa jejak karbon di Kota Banda Aceh belum mampu diserap oleh ruang terbuka hijau (RTH), karena wilayah RTH di Kota Banda Aceh hanya mencakup 14,29% dari total luas wilayahnya. Untuk mengatasi hal ini, perlu ditingkatkan lagi jumlah RTH di kota Banda Aceh guna meningkatkan kemampuan penyerapan jejak karbon.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Saiful Sidik Sidik
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:11
Last Modified: 17 Nov 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33827

Actions (login required)

View Item
View Item