Peran Baitul Mal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Di Kota Banda Aceh

Herizal Fahmi, 150604107 (2023) Peran Baitul Mal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Peran Baitul Mal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Di Kota Banda Aceh] Text (Peran Baitul Mal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Di Kota Banda Aceh)
Herizal Fahmi, 150604107, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Salah satu peran Baitul Mal Aceh melakukan pengelolaan, dan pendistribusian Zakat. Pada tahun 2007 lahirnya Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2007 tentang Baitul Mal sebagai turunan dari UUPA dalam pasal 3 ayat 1 menyebutkan bahwa Baitul Mal adalah lembaga Daerah Non Struktural yang dalam melaksanakan tugasnya bersifat independen sesuai dengan ketentuan syariat dan bertanggung jawab kepada Gubernur. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Peran Baitul Mal Aceh dalam Peningkatan Kesejahteraan Mustahik kota di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian Peran Baitul Mal dalam meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Di Kota Banda Aceh banyak mustahik yang masih mengakui bahwa Baitul Mal belum dapat dan mampu memberikan efek positif bagi mustahik dalam kesejahteraan, kontribusi dari hasil penelitian ini adalah sebagai masukan dan pandangan mengenai peran Baitul Aceh dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik di Kota Banda Aceh dalam hal menghimpun dan menyalurkan dana untuk zakat, infak dan shadaqah (ZIS) secara produktif. Saran perlu adanya peran yang dilakukan Baitul Mal Aceh adalah melakukan proses pendataan mustahik zakat dan bekerjasama dengan perangkat desa untuk mendata mustahik berdasarkan syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh Baitul Mal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Herizal Fahmi
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:53
Last Modified: 13 Nov 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33834

Actions (login required)

View Item
View Item