Pengaruh Desain Interior terhadap Kenyamanan Pengguna di Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Muhammad Naufal, 180701012 (2023) Pengaruh Desain Interior terhadap Kenyamanan Pengguna di Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kata Kunci: Interior Perpustakaan, Kenyamanan, Arsitektur] Text (Kata Kunci: Interior Perpustakaan, Kenyamanan, Arsitektur)
Muhammad Naufal, 180701012, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk dijadikan sebagai area rekreasi berbasis ilmu pengetahuan. Untuk memenuhi hal tersebut dibutuhkan sebuah kenyamanan bagi para pengunjung terkhusus mahasiswa, untuk merasa betah dan merasa/ingin terus berlama-lama ketika sedang berada di dalam perpustakaan. Wicaksana (2016) mendefinisikan kenyamanan sebagai suatu kondisi yang rileks, di mana tidak dirasakannya rasa sakit di antara seluruh anggota tubuh. Faktor dari interior perpustakaan juga sangat mempengaruhi mahasiswa untuk lebih merasa nyaman ketika sedang berada di dalam ruangan yang ada di dalam perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kenyamanan pengguna saat berada di dalam ruangan perpustakaan UIN Ar-Raniry terkhusus pada area/ruang baca yang meliputi faktor pencahayaan, penghawaan, dan efisiensi suara (akustik). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis data secara deskriptif (pengcodingan data) dan perhitungan berdasarkan hasil kuesioner (skala likert), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan rata- rata pengunjung merupakan mahasiswa UIN Ar-Raniry dan memilih berkunjung secara berkelompok, dengan frekuensi kunjungan berkisar antara 1 hingga 3 kali kunjungan, dan waktu kunjungan kurang dari atau selama 2 jam. Serta lebih memilih untuk berkunjung pada siang hari (14.00 WIB) hingga sore hari (16.30 WIB). Kegiatan yang umum dilakukan yaitu mengerjakan tugas atau mencari referensi dengan ruang baca sebagai area yang paling sering dikunjungi. Berdasarkan pertanyaan terbuka kepada responden dan telah dikategorisasikan, faktor kenyamanan menjadi alasan pemustaka ingin berada lebih lama di perpustakaan UIN Ar-Raniry. Responden juga sudah merasa nyaman dari segi pencahayaan dan penghawaan baik secara alami maupun buatan. Namun untuk tingkat kebisingan, sesekali responden merasa sedikit terganggu akibat suara yang ditimbulkan dari aktivitas pengguna lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Muhammad Naufal Naufal
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:54
Last Modified: 13 Nov 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33835

Actions (login required)

View Item
View Item