Pelaksanaan Tata Pemerintahan Yang Baik (Good Governance) Oleh Camat Pada Kecamatan Darussalam (Studi Pada Kantor Camat Darussalam, Kabupaten Aceh Besar)

Hanif Al Faris, 160105067 (2023) Pelaksanaan Tata Pemerintahan Yang Baik (Good Governance) Oleh Camat Pada Kecamatan Darussalam (Studi Pada Kantor Camat Darussalam, Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Good Governance, Camat, Tata Pemerintahan.] Text (Good Governance, Camat, Tata Pemerintahan.)
Hanif Al faris, 160105067, FSH, HTN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) merupakan prinsip penting yang harus dicapai agar dapat terwujudnya pemerintahan yang ideal dan efesien. Camat Darussalam menyatakan bahwa dalam melaksanakan implementasi terhadap tata kelola pemerintahan yang baik, camat telah mengupayakan untuk terjalinnya sinkronisasi antar stakeholder yang bersangkutan agar dapat menjalankan program dengan baik. Namun pada pengamatan realitas, kegiatan pemerintahan Kecamatan Darussalam juga mengalami hambatan dalam upayanya untuk mencapai pemerintahan yang baik. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, pertama, bagaimana bentuk pelaksanaan good governance yang dilakukan Camat Darussalam Kabupaten Aceh Besar?, kedua, apa saja faktor penghambat dalam proses implementasi?, dan yang ketiga, bagaimana upaya Camat Darussalam dalam mewujudkan tata pemerintahan Gampong yang baik?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, dan data yang dikumpulkan dengan cara melakukan observasi dan wawancara terhadap informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan prinsip good governance yang dilakukan oleh Camat Darussalam Kabupaten Aceh Besar merupakan implementasi terhadap prinsip yang meliputi akuntabilitas, efektifitas, transparansi, efesiensi, dan partispasi, melalui cara koordinasi, komunikasi, mediasi, pembinaan terhadap pelaksanaan tugas sebagaimana yang ditetapkan oleh peraturan yang ada. Kedua, faktor penghambat implementasi good governance, disebabkan oleh pelaksana (man), dan partispasi masyarakat yang terkendala karena SDM. Ketiga, upaya Camat dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di tingkat Gampong, meliputi peningkatan sinergisitas antar stakeholder, pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan dan kepatuhan terhadap pertauran yang sudah ditetapkan dalam undang-undang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Hanif Al Faris Hanif
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:25
Last Modified: 13 Nov 2023 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33836

Actions (login required)

View Item
View Item