Aktivitas Antibakteri Sabun Padat Transparan Dari Minyak Atsiri Daun Kari (Murraya Koenigii (L.) Spreng) Terhadap Staphylococcus Epidermidis

Intan Rahmatika, 180704058 (2023) Aktivitas Antibakteri Sabun Padat Transparan Dari Minyak Atsiri Daun Kari (Murraya Koenigii (L.) Spreng) Terhadap Staphylococcus Epidermidis. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Aktivitas Antibakteri Sabun Padat Transparan Dari Minyak Atsiri Daun Kari (Murraya Koenigii (L.) Spreng)] Text (Aktivitas Antibakteri Sabun Padat Transparan Dari Minyak Atsiri Daun Kari (Murraya Koenigii (L.) Spreng))
Skripsi (Intan Rahmatika) RS 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Sabun merupakan bahan yang digunakan dalam pembersihan kotoran maupun bakteri yang terdapat pada kulit. Salah satu inovasi sabun menarik yang banyak digunakan dalam produk kecantikan adalah sabun padat transparan. Minyak atsri daun kari berfungsi sebagai antibakteri dalam pembuatan sabun padat transparan antibakteri penyebab jerawat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antibakteri sabun padat transparan minyak atsiri daun kari terhadap Staphylococcus epidermidis. Metode pada penelitian ini dilakukan secara eksperimental. Formula sabun padat transparan mengandung minyak atsiri daun kari dengan variasi volume minyak atsiri yaitu 0 mL; 0,2 mL; 0,4 mL; 0,6 mL dan 0,8 mL. Sabun padat transparan yang dihasilkan dilakukan beberapa pengujian seperti uji organoleptik, kadar air, pH, uji alkali bebas dan antibakteri. Hasil sabun padat transparan minyak atsiri daun kari dengan variasi volume minyak atsiri didapatkan diameter zona hambat terbaik pada volume 0,8 mL dengan diameter hambat 17,5 mm tergolong dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa sabun padat transparan minyak atsiri daun kari mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus epidermidis dan volume minyak atsiri daun kari dalam pembuatan sabun padat transparan yang paling efektif yaitu pada volume 0,8 mL.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Intan Rahmatika Intan
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:48
Last Modified: 27 Nov 2023 01:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33844

Actions (login required)

View Item
View Item