Efektivitas Kursus Pra Perkawinan Dalam Upaya Mengatasi Angka Perceraian (Studi Kasus Di Daerah Kota Setar, Negeri Kedah Malaysia)

Huzaifah bin Abu Bakar, 160101130 (2023) Efektivitas Kursus Pra Perkawinan Dalam Upaya Mengatasi Angka Perceraian (Studi Kasus Di Daerah Kota Setar, Negeri Kedah Malaysia). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Efektivitas Kursus Pra Perkawinan Dalam Upaya Mengatasi Angka Perceraian (Studi Kasus Di Daerah Kota Setar, Negeri Kedah Malaysia)] Text (Efektivitas Kursus Pra Perkawinan Dalam Upaya Mengatasi Angka Perceraian (Studi Kasus Di Daerah Kota Setar, Negeri Kedah Malaysia))
Huzaifah Bin Abu Bakar, 160101130, FSH, HK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Fokus utama pembahasan skripsi ini adalah tentang EFEKTIVITAS KURSUS PRA PERKAWINAN DALAM UPAYA MENGATASI ANGKA PERCERAIAN (Studi Kasus di Daerah Kota Setar, Negeri Kedah Malaysia). Pokok permasalahannya adalah untuk mengetahui efektivitas kursus pra perkawinan dalam upaya mengatasi angka perceraian dan mengetahui tentang pelaksanaan kursus pra perkawinan di Daerah Kota Setar, serta untuk mengetahui sejauh mana kepahaman para peserta dalam mengikuti kursus tersebut. Untuk menjawab permasalahan ini, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Adapun yang menjadi objek penelitian peneliti adalah peserta kursus pra perkawinan yang telah mengikuti kursus di Daerah Kota Setar,Negeri Kedah dan datanya diperoleh melalui wawancara dengan pihak-pihak yang berkenaan. Untuk data yang bersifat teoritis ditempuh melalui studi kepustakaan yaitu melakukan telaah terhadap buku-buku dan bahan-bahan ilmiah yang ada kaitannya dengan masalah yang dianalisa. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Kursus Pra Perkawinan memberi dampak yang positif dan banyak memberi manfaat kepada bakal suami istri dalam membina keluarga yang sakinah,mawaddah dan warahmah. Ia bukan saja memberi pengetahuan agama semata-mata, malah pengetahuan tentang pengurusan rumah tangga, aspek tanggung jawab sebagai suami istri, cara menghadapi masalah rumah tangga dan sebagainya. Angka-angka perceraian juga telah menunjukkan bahwa pada tahun 2017 telah menurun angka perceraian berbanding tahun-tahun sebelumnya. Ia ditinjau dalam 5 tahun terakhir yaitu pada tahun 2013 mencatatkan 2726 kasus, tahun 2014 sebanyak 2796 kasus, tahun 2015 sebanyak 2943 kasus, tahun 2016 pula sebanyak 3519, dan tahun terakhir yaitu tahun 2017 sebanyak 3.167 yang telah menunjukkan penurunan angka perceraian bagi Daerah Kota Setar. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa kursus pra perkawinan masih efektif dalam membantu mengurangi peningkatan angka perceraian. Oleh karena itu, pihak wewenang harus memberi penekanan yang lebih serius kepada calon-calon suami istri agar dapat memberi kesan positif dalam diri mereka serta dalam mempraktikkan ilmu yang dipelajari dalam mencapai tujuan perkawinan yang di redhai oleh Allah SWT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Huzaifah Bin Abu Bakar
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:44
Last Modified: 14 Nov 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33845

Actions (login required)

View Item
View Item