Desita Alviaturrahmi, 15091115 (2022) Hubungan Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar melalui Pembelajaran dalam jaringan (Daring) dimasa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Angkatan 2020 UIN Ar-Raniry. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.
Desita Alviaturrahmi, 150901115, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Dalam proses belajar kemandirian belajar sangat diperlukan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa angkatan 2020 yang belum terbiasa mengikuti belajar daring. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar mahasiswa yaitu efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar daring pada pada mahasiswa angkatan 2020 UIN Ar-Raniry di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode korelasi Product Moment. Alat ukur dalam penelitian ini merujuk pada teori dan aspek efikasi diri oleh Bandura (1997) dan teori serta aspek kemandirian belajar oleh Sriyono (2017). Jumlah sampel sebanyak 320 mahasiswa baru. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode probability sampling dengan teknik stratified proportionate random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi r=0,711 dengan p=0,000. Hal tersebut menandakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar, artinya semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi kemandirian belajar yang dimiliki mahasiswa baru, sebaliknya semakin rendah efikasi diri maka semakin rendah kemandirian belajar yang dimiliki mahasiswa baru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Desita Alviaturrahmi Alvi |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 02:44 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 02:44 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33847 |