Peran Istri Di Gampong Doy Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Ditinjau dari Perspektif Maqashid Syariah (Studi Pada Produksi kerupuk Tempe)

Irna Wahyuni, 1506020165 (2020) Peran Istri Di Gampong Doy Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Ditinjau dari Perspektif Maqashid Syariah (Studi Pada Produksi kerupuk Tempe). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Ekonomi Keluarga] Text (Peningkatan Ekonomi Keluarga)
Irna Wahyuni, 150602165, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui peran istri dalam upaya meningkatkan perekonomian keluarga ditinjau dari maqashid syariah, 2) faktor apa yang melatarbelakangi peran istri dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode kualitatif, data yang dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Studi kasus pada penelitian ini adalah 7 orang perempuan/istri yang bekerja sebagai pembuat kerupuk tempe di Gampong Doy Kecamatan Ulee Kareng. Berdasarkan hasil dari pembahasan tentang peran istri dalam meningkatkan perekonomian keluarga ditinjau dari maqashid syariah (studi pada produksi kerupuk tempe), peneliti menemukan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Para istri di Gampong Doy telah mengurus rumah tangga dengan baik. Selain itu mereka telah melakukan pembuatan kerupuk tempe di rumah sebagai usaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Peran yang dijalankan itu sesuai dengan maqashid syariah, karena mereka tidak meninggalkan kewajiban pokok agama dan tidak mengabaikan kewajiban dalam mengurus rumah tangga. 2) Para istri yang membuat kerupuk tempe dilatarbelakangi oleh faktor ekonomi dan tanggungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Irna Wahyuni Irna
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:52
Last Modified: 14 Nov 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33850

Actions (login required)

View Item
View Item