Kondisi Koleksi Perpustakaan Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan

Roni Pebrian, 190503339 (2023) Kondisi Koleksi Perpustakaan Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kondisi Koleksi, Perpustakaan Sekolah Menengah Atas] Text (Kondisi Koleksi, Perpustakaan Sekolah Menengah Atas)
Roni Pebrian, 190503339, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Kondisi Koleksi Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kerusakan koleksi perpustakaan, serta strategi pencegahan kerusakan dan perbaikan yang dilakukan di perpustakaan Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Meukek. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan faktor penyebab kerusakan koleksi pada perpustakaan Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Meukek disebabkan oleh faktor dimakan rayap, penyimpanan yang lembab, terkena cahaya dan ulah manusia. Strategi pencegahan kerusakan koleksi dilakukan dengan cara memberikan kapur barus pada rak buku, membersihkan rak buku, melarang membawa masuk makanan ke dalam perpustakaan, mengatur suhu diruangan, dan mengingatkan kepada pengguna perpustakaan untuk selalu menjaga koleksi ketika melakukan peminjaman. Perbaikan yang dilakukan adalah dengan cara memberikan lem pada kertas buku, dan memperbaiki kertas buku yang terlepas dengan penjepit staples. Kendala yang dihadapi pengelola perpustakaan Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Meukek pada saat melakukan pencegahan dan perbaikan koleksi adalah kurangnya dana untuk membeli perlengkapan untuk mencegah dan melakukan perbaikan terhadap koleksi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Roni Pebrian Roni
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:01
Last Modified: 14 Nov 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33854

Actions (login required)

View Item
View Item