Pengelolaan Perpustakaan Universitas Teuku Umar Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Nomor 13 Tahun 2017

Maulida, 180503040 (2023) Pengelolaan Perpustakaan Universitas Teuku Umar Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Nomor 13 Tahun 2017. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pengelolaan Perpustakaan Universitas Teuku Umar Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Nomor 13 Tahun 2017] Text (Pengelolaan Perpustakaan Universitas Teuku Umar Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Nomor 13 Tahun 2017)
Maulida, 180503040, FAH, IP, 081216815972.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan perpustakaan Universitas Teuku Umar berdasarkan ketentuan Standar Nasional Perpustakaan Nomor 13 Tahun 2017 dalam kajian kebijakan perpustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh pustakawan di UPT Universitas Teuku Umar. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Ketentuan Standar Nasional Perpustakaan Nomor 13 Tahun 2017 dalam kajian kebijakan dapat ditinjau dari 4 segi standar kebijakan; pertama, kepentingan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kedua, kegiatan dan anggaran, ketiga, kinerja, dan keempat, target capaian. Hasil penelitian menujukkan bahwa Tingkat kepentingan Tri Dharma Perguruan Tinggi sudah memenuhi standar; baik dari segi pendidikan maupun penelitian, karena perpustakaan telah menyediakan koleksi buku, fasilitas sarana dan prasarana, serta adanya e-library. Kegiatan dan anggaran sudah memenuhi kebutuhan perpustakaan, akan tetapi jika dilihat dari ketentuan standar capaian anggaran mencapai 5% tetapi saat ini yang sudah tercapai hanya 3%. Tingkat kinerja belum memenuhi standar dikarenakan pustakawan masih sangat minim serta terdapat beberapa pustakawan yang tidak memiliki riwayat pendidikan terakhir pada bidang ilmu perpustakaan, sehingga tingkat kinerja pustakawan belum sesuai dengan standar. Akan tetapi beberapa pustakawan bekerjasama dalam mengendalikan semua pekerjaan dengan baik meskipun masih kekurangan sumber daya. Target capaian sudah memenuhi standar perpustakaan setiap tahun secara umum sudah terpenuhi, sehingga beberapa program yang belum terealisasikan dapat dilanjutkan di tahun depan. Dari keempat ketentuan Standar Nasional Perpustakaan Nomor 13 Tahun 2017 dalam kajian kebijakan yang sudah memenuhi standar ada 2; Tingkat kepentingan Tri Dharma perguruan tinggi dan Target capaian, dan yang belum memenuhi standar ada 2; Kegiatan dan Anggaran dan Kinerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Maulida Maulida
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:52
Last Modified: 15 Nov 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33864

Actions (login required)

View Item
View Item