Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Kutapanjang

Maisarah, 190208046 (2023) Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Kutapanjang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Kutapanjang] Text (Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Kutapanjang)
Maisarah, 190208046, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kutapanjang Kab Gayo Lues. Berdasarkan persentase nilai hasil belajar sumatif peserta didik menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik belum mampu menguasai materi koloid. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan suatu bahan ajar yang efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun solusi yang dapat dilakukan yaitu menggunakan LKPD berbasis literasi sains pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKPD berbasis literasi Sains pada Materi Koloid. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design dengan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA-1 sebagai kelas kontrol masing–masing kelas terdapat 15 peserta didik. Instrumen pengumpulan data mengunakan soal tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah N-Gain, uji independent sampel t-test dan uji effect size. Hasil nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah 0,7319 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol adalah 0,5308 dengan kategori cukup. Hasil uji independent sampel t-test yang diperoleh sebesar 0,002 < 0,05. Berdasarkan uji independent sampel t-test maka dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji effect size yang diperoleh sebesar 0,98 dengan kategori efektif. Berdasarkan hal tersebut dapat simpulkan bahwa H0 diterima, artinya LKPD berbasis literasi sains efektif digunakan dalam pembelajaran kimia materi koloid di SMA Negeri 1 Kutapanjang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Maisarah Maisarah
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:09
Last Modified: 15 Nov 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33866

Actions (login required)

View Item
View Item