Penerapan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Fikih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Madrasah Diniyah Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Ajun Aceh Besar

Mu’arif Aulia, 190201056 (2023) Penerapan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Fikih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Madrasah Diniyah Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Ajun Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media  Audio Visual pada Mata  Pelajaran  Fikih          Untuk  Meningkatkan  Hasil  Belajar  di  Madrasah  Diniyah  Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Ajun Aceh Besar] Text (Penerapan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Fikih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Madrasah Diniyah Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Ajun Aceh Besar)
CETAK SKRIPSI MUARIF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga siswa bersemangat dalam proses pembelajaran yang nantinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa, Namun di Madrasah Diniyah Daarut Tahfidz Al-Ikhlas, masih minim nya guru yang menggunakan media pada proses pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan media audio visual pada materi haji di Madrasah Diniyah Daarut Tahfidz Al-Ikhlas dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar setelah penggunaan media audio visual pada materi haji di Madrasah Diniyah Daarut Tahfidz Al-Ikhlas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas gabungan I’ddat dan Takmili yang berjumlah 10 orang. Adapun cara pengumpulan datanya melalui tes hasil belajar siswa, lembar aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan persentase dan rata-rata. Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 60%. Sedangkan pada siklus II dengan persentase 90%. Sedangkan aktivitas siswa siklus I 58.1% dengan kategori cukup, pada siklus II 83.3% dengan kategori baik sekali. Aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I 85.7% dengan kategori baik sekali, pada siklus II 92.8% dengan kategori baik sekali. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa adannya peningkatan hasil belajar siswa pada matapelajaran Fikih materi Haji melalui penerapan media audio visual.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mu’arif Aulia Mu’arif
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:51
Last Modified: 16 Nov 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33882

Actions (login required)

View Item
View Item